Bahasa Indonesia Peringkat 9 di Dunia

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Bahasa Indonesia menempati peringkat 9 bahasa dengan penutur terbanyak di dunia. Kita patut bangga Bahasa kita masuk 10 besar bahasa yang paling banyak digunakan di dunia,.itu berarti bahasa indonesia cukup populer di kalangan internasional.


Di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja. Di Australia saja sudah ada 500 sekolah yang membuka Program Studi Bahasa Indonesia, Di Rusia, terdapat lima pusat studi bahasa Indonesia dan tiga universitas yang memiliki program studi bahasa Indonesia. Di Amerika Serikat, bahasa Indonesia sebagai mata kuliah telah diterapkan di 12 Universitas, Sementara di asia tenggara bahasa indonesia menjadi bahasa ke dua setelah bahasa nasionalnya.

Bahasa Indonesia menduduki peringkat 3 di Asia dan peringkat ke 26 di dunia dalam hal Tata bahasa terumit di dunia. Bahasa Indonesia juga mendunia di dunia maya, wikipedia berbahasa Indonesia telah menduduki peringkat 26 dari 250 wikipedia berbahasa asing di dunia dan peringkat 3 di Asia setelah bahasa Jepang dan Mandarin, selain itu bahasa Indonesia menjadi bahasa ke 3 yang paling banyak digunakan dalam postingan blog di wordpress. Bahasa Jawa menduduki posisi ke-11 bahasa yang terbanyak digunakan dengan jumlah penutur sekitar 84,6 juta orang. Bahasa Sunda menduduki posisi ke-31 dengan jumlah penutur sekitar 34 juta orang.

Bahasa indonesia sangat berpotensi menjadi bahasa yang besar dan mendunia..Ini dapat di lihat dengan sangat banyaknya negara di dunia yang menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa pengantar dan program studi bahasa Indonesia telah diajarkan di universitas di berbagai negara, serta bahasa indonesia juga sangat populer di dunia maya dan sangat berpotensi akan semakin besar. Yang terbaru adalah klub sepak bola terbaik di dunia FC Barcelona telah meluncurkan situs resmi Berbahasa Indonesia, Ini membuktikan bahwa bahasa indonesia sangat populer dan berpotensi mendunia,.tapi sayang banyak anak indonesia yang kurang cinta akan bahasa Indonesia dan lebih suka berbahasa asing yang dibilangnya lebih keren dan gaul.

Sumber "http://www.kaskus.co.id/thread/52108adca2cb173f2f000008/bahasa-indonesia-peringkat-9-di-dunia/"


Kodokoala: Wawasan

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Bahasa Indonesia Peringkat 9 di Dunia"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.