Cara Daftarkan Blog Ke Search Engine

Mengapa harus mendaftarkan blog ke search engine?
 
Search engine (mesin pencari) mempunyai peranan yang sangat  penting dalam dunia maya untuk menemukan keyword (kata kunci) dalam suatu website atau blog. Bahkan 90% pengguna internet mengunakan search engine untuk menemukan sebuah artikel dan informasi. Maka itu kita perlu mendaftarkan blog ke search engine, agar para penjelajah internet dapat mememukan blog kita di search engine.


Search engine tentu jumlahnya sangat banyak sekali, dan pada saat ini yang paling terkenal di dunia adalah Google, Yahoo, dan MSN. Apabila blog kita ingin terdeteksi pada search engine, maka kewajiban kita adalah mendaftarkan URL blog kita pada search engine. Bila ada yang belum tahu ke manakah harus mendaftarkan blognya, maka silahkan simak tahapan berikut :

  • Daftar Google, Untuk mendaftar ke google, silahkan anda kunjungi http://www.google.com/addurl/, nah apabila sudah berada pada halaman pendaftaran ada beberapa langkah yang harus di lakukan, yaitu mengisi form yang di sediakan :


URL –> Isi dengan URL blog anda.
Comments –> Isi dengan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan blog anda.
Isi kotak kosong dengan huruf Verifikasi yang tersedia
Klik tombol Add URL
Selesai. Setelah anda melakukan pendaftaran ke Google, maka tidak serta merta blog anda terindeks pada mesin pencarinya, akan tetapi memerlukan 3 sampai 4 minggu baru blog anda bisa terindeks. Jika sudah 3 sampai 4 minggu, maka cobalah ketik alamat blog anda pada mesin pencari google, apakah sudah terindeks atau belum? jika belum, coba tunggu beberapa minggu lagi, dan tuliskan kembali alamat blog anda, Jika ternyata masih belum juga, coba daftarkan kembali blognya ke google seperti langkah di atas.


  • Daftar Yahoo!, Untuk mendaftar ke yahoo! Silahkan anda kunjungi https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit. Akan tetapi untuk mendaftar ke yahoo, anda harus terlebih dahulu mempunyai account yahoo, karena di perlukan log in terlebih dahulu ke account yahoo. Bagi yang belum punya account yahoo (email di yahoo) silahkan bikin dulu, bagi yang sudah punya, anda tinggal login dengan username serta password anda. Apabila sudah login, nanti sudah tersedia kolom untuk di isi, silahkan isi kolom tersebut dengan URL anda, kemudian klik tombol Add URL, selesai. Jika ingin memasukan alamat feed sekalian, anda bisa memasukannya. Ingat, alamat feed di blogger hanya tinggal menambahkan atom.xml atau rss.xml di belakang URL blog anda, contoh :


  • http://kodokoala.blogspot.com/atom.xml
  • http://kodokoala.blogspot.com/rss.xml




Ingin cara yang lebih praktis?

Selain search engine Google, Yahoo dan MSN  di atas, ada juga website penyedia layanan pendaftaran URL ke ratusan lebih search engine secara gratis dan mudah, diataranya:
  1. http://freewebsubmission.com/
  2. http://submiter.hostzi.com/
  3. http://www.mypagerank.net/
  4. http://www.submitexpress.com
  5. http://www.tutorialdigital.com/2009/11/free-submit-url-to-entire-search-engine.html
Silahkan pilih sesuai keinginan.



Kodokoala: Blog Dan SEO

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Cara Daftarkan Blog Ke Search Engine"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.