Awas! 10 Bakteri Berbahaya yang Ada pada Ponsel

Mungkin sudah banyak yang paham bahwa sebenarnya perangkat mobile yang kita gunakan adalah sarang kuman, namun diperkirakan juga tidak sedikit pula yang belum mengetahuinya. Fakta umum bahwa perangkat mobile adalah salah satu benda yang tidak higienis. Namun tahukah Anda, seberapa kotor perangkat yang selalu menemani tersebut? Menurut penelitian, setiap satu inci persegi, perangkat mobile mengandung sekitar 25 ribu kuman. Bahkan dari banyaknya kuman tersebut, ada anggapan yang mengatakan bahwa perangkat mobile lebih kotor dibandingkan dudukan toilet sekalipun.

bakteri-pada-ponsel

Berikut adalah 10 bakteri paling berbahaya yang ada dalam ponsel, seperti yang dilansir dari Howstuffworks.com:

1. Coliforms
Menurut penelitian, salah satu bakteri yang tinggal di sebuah perangkat mobile dinamakan Coliform. Bakteri jenis ini biasanya juga ditemukan di kotoran manusia atau hewan atau juga tumbuhan yang sudah membusuk. Walaupun tidak akan membuat pengguna perangkat mobile sakit, namun menjadi satu hal yang cukup menjijikkan apabila mengetahui bahwa ada bakteri yang sama di kotoran ternyata terdapat di perangkat mobile yang kita gunakan sehari-hari.

2. Escherichia Coli
Escherichia Coli atau disebut juga E coli merupakan bakteri jahat yang berbahaya bagi tubuh manusia. Menurut penelitian, bakteri jenis ini juga terkadang banyak ditemukan di perangkat mobile karena penggunanya kurang menjaga kebersihan gadgetnya itu. Bakteri jenis ini pada umumnya dapat mengakibatkan diare dan muntah yang apabila tidak ditangani secara serius dapat berbahaya.

3. Staphylococcus Aureus
Staphylococcus Aureus merupakan tipe bakteri yang sangat membahayakan bagi tubuh manusia. Beberapa jenis dari bakteri ini dapat mengakibatkan infeksi kulit seperti terbakar. Menurut penelitian, penyebaran bakteri ini dari tempat-tempat yang justru daerah bersih yaitu rumah sakit atau tempat kesehatan lainnya. Proses penyebarannya juga cukup cepat apabila perangkat mobile yang digunakan sangat kotor atau tidak pernah dibersihkan.

4. Streptococcus
Bakteri jenis ini tergolong sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Terdapat 2 jenis Streptococcus yaitu Streptococcus A dan Streptococcus B. Walaupun dibedakan menjadi dua, namun keduanya masih tetap berbahaya. Streptococcus A biasa ditemui pada anak-anak, seperti penyakit radang tenggorokan. Bahkan apabila sudah parah, bakteri jenis ini dapat mengakibatkan penyakit yang lebih serius dibandingkan demam berdarah. Streptococcus B dapat mengakibatkan gangguan pada saluran kemih dan darah, pneumonia sampai dengan infeksi kulit parah.

5. Coagulase Negative Staphylococci (CoNS)
Coagulase Negative Staphylococci (CoNS) ini merupakan varian dari staphylococcus yang resistan terhadap antibiotik dan biasanya berada pada kulit manusia dan saluran vagina. Seperti staphylococcus pada umumnya, bakteri ini penyebarannya dimulai dari tempat-tempat yang digolongkan bersih seperti rumah sakit dan sejenisnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh pakar dari Universitas of Ghana pada tahun 2011 lalu mengungkapkan dari 100 perangkat mobile pelajar yang diambil secara acak, 15 persen di antaranya positif mengandung CoNS. Bakteri ini dapat mengakibatkan infeksi saluran darah.

6. Molds
Molds ini adalah jamur yang biasanya dapat ditemui di tempat-tempat lembap atau juga yang terkadang dapat membuat suatu daun menghitam dan mati. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Turki beberapa tahun lalu mengungkapkan bahwa 10 persen dari perangkat mobile yang mereka teliti ternyata mengandung Molds di dalamnya. Jamur seperti ini dapat mengakibatkan gangguan sistem pernapasan, demam sampai dengan infeksi paru-paru.

7. Yeasts
Yeasts merupakan satu bakteri yang berada di dalam ragi yang bagus untuk membuat minuman atau juga makanan tertentu, namun akan menjadi buruk ketika bakteri jenis ini mengontaminasi tubuh manusia. Menurut sebuah penelitian, bakteri satu ini juga kerap ditemukan di perangkat mobile. Yeasts dapat mengakibatkan gatal-gatal pada kulit atau juga masalah untuk organ vital seorang wanita.

8. Clostridium Difficile
Clostridium Difficile atau disebut juga dengan nama C. difficile ini merupakan bakteri yang rata-rata ditemukan di tempat duduk yang jarang dibersihkan. Gangguan pada tubuh yang disebabkan oleh bakteri ini antara lain demam, mual, sakit perut sampai dengan kehilangan nafsu makan.

9. Corynebacterium
Corynebacterium merupakan patogen berbahaya bagi tubuh manusia yang dapat mengakibatkan kematian. Bakteri jenis ini biasa akan menyemprotkan racun mereka ke tenggorokan manusia dan membuatnya sulit bernafas. Terkadang, bakteri ini juga dapat mengakibatkan infeksi pada kulit.

10. Pseudomonas Aeruginosa
Menurut beberapa penelitian, bakteri jenis Pseudomonas Aeruginosa ini biasanya ditemukan di peralatan rumah sakit, di kolam renang atau juga perangkat yang sering digunakan manusia. Pseudomonas Aeruginosa juga merupakan bakteri yang kebal terhadap pengobatan setelah infeksi terjadi. Bahkan ada pengobatan khusus yang sengaja dibuat oleh tim medis untuk penderita yaitu dengan memasukkannya ke ruang ICU yang bebas perangkat mobile.

Sumber "http://kumpulan-berita-unik.blogspot.com/2014/08/bakteri-paling-berbahaya-yang-ada-didalam-ponsel.html#ixzz3BUSuNS9r"


Kodokoala: Gaya Hidup dan Kesehatan

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Awas! 10 Bakteri Berbahaya yang Ada pada Ponsel"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.