Manfaat Teh Celup, Mulai dari Kecantikan hingga Kebersihan Rumah!

teh-celup

Manfaat Teh Celup untuk Kebersihan Rumah

Secangkir teh hangat ternyata tidak hanya baik bagi kesehatan dan dapat menenangkan pikirkan. Sisa-sisa dari secangkir teh hangat juga bisa digunakan kembali untuk berbagai keperluan rumah tangga. Dengan cara ini, Anda tidak hanya menghemat biaya, tetapi juga mampu berpartisipasi dalam gerakan menyelamatkan lingkungan.

Pertama, bungkus teh celup bekas bisa Anda gunakan untuk menghapus noda kloset. Masukkan beberapa bungkus teh celup bekas ke dalam kloset, dan biarkan selama beberapa menit. Diamkan lebih lama jika noda di dalam kloset relatif banyak. Ketika Anda mengguyur kloset, tidak hanya bungkus teh, noda pun hilang bersama guyuran tersebut.

Kedua, teh bisa menyegarkan karpet Anda. Namun, berbeda dari cara memakainya untuk kloset, Anda butuh daun-daun teh kering untuk melakukan hal ini. Anda hanya perlu menaburkan daun teh kering ke permukaan karpet, diamkan selama 10 menit, kemudian bersihkan dengan pembersih vakum.

Ketiga, gunakan teh untuk membersihkan kaca. Didihkan teh dengan menggunakan satu atau dua teh celup bekas. Kemudian, gunakan teh yang sudah dididihkan tersebut sebagai pembersih kaca.

Terakhir, gunakan juga teh sebagai pupuk yang mampu membuat tanaman Anda lebih sehat dan tampak lebih cantik. Buka kantong teh celup Anda, atau gunakan daun teh kering sebagai campuran pupuk. Teh yang kaya nitrogen mampu memberikan nutrisi pada tanah.

Manfaat Teh Celup untuk Kecantikan

Bukan hanya untuk membersihkan rumah, teh celup juga bermanfaat untuk kecantikan!

Dewasa ini teh banyak dimanfaatkan pada bidang kecantikan, pada beberapa negara teh dioalah sebagai bahan dasar pada beberapa produk kecantikan seperti parfum, bedak, dan lainnya. Tidak jauh beda dengan teh celup, yang biasa sering kita minum terutama pada pagi hari. Ternyata teh celup itu sendiri memiliki beberapa manfaat lain selain sebagai minuman. Manfaat teh celup ini sangat praktis dan bisa dipraktekkan sendiri.

Berendam Air Teh untuk Mencegah Keriput
Bagi Anda yang suka menghabiskan waktu di rumah dengan berendam juga bisa mencoba hal ini. Kumpulkan beberapa sisa kantung teh dan simpan pada lemari pendingin atau kulkas, lalu rendam kantung teh tersebut pada bathtub yang berisi air untuk berendam. Teh dipercaya bisa mencegah keriput, hal ini disebabkan karena teh memiliki banyak zat anti-oksidan yang dapat melawan radikal bebas, pemicu kerutan.

Menghilangkan Bau Kaki dan Ketiak
Teh celup dengan aromanya ternyata bisa menetralkan bau kaki seseorang. Anda bisa mencobanya dengan mencampur satu atau dua teh celup dalam air, lalu diamkan dan rendam kaki Anda pada air tersebut. Teh celup bisa menetralkan aroma tidak sedap pada kaki dan juga membunuh bakteri yang ada.

Hal ini tidak beda jauh dengan pemakaian pada bagian ketiak, teh celup juga bisa menetralkan aroma bau badan Anda. Caranya cukup mudah dengan menggosokkan teh celup yang sudah dibasahi terlebih dahulu pada daerah ketiak Anda.

Meredakan Kulit Terbakar Akibat Matahari
Kulit terbakar oleh sinar matahari bisa dikarenakan Anda berada di luar ruangan yang sinar matahari nya langsung mengenai kulit Anda. Hal ini ditandai dengan rasa panas, perih, kulit memerah dan terkelupas. Untuk mengatasinya ada cara yang cukup mudah, yakni dengan menempelkan teh celup yang telah didinginkan pada bagian kulit yang terbakar.

Menyamarkan Lingkar Hitam pada Mata
Anda mengalami gangguan tidur? Cobalah kompres mata dengan kantung teh dingin selama kurang lebih 15 menit. Anda bisa melakukannya setiap pagi, mata akan terlihat segara dan dapat menyamarkan lingkar hitam pada bagian mata Anda.

Solusi untuk Kuku Retak
Bagi Anda yang suka memelihara kuku panjang pasti akan sering patah atau retak. Kuku tersebut memang tidak bisa disambung kembali, namun ada solusi sementara bagi kuku yang patah setengah. Anda bisa merekatkannya kembali dengan kantung teh. Berikut caranya :
  • Gunting kantung teh sesuai dengan ukuran kuku
  • Untuk merekatkan kembali kantung teh pada kuku gunakan basecoat atau cat kuku bening,
  • Agar hasil lebih kuat, Anda bisa membuat lapisan kedua. Pastikan lapisan pertama telah kering, lalu tempelkan kembali kantung teh tersebut.
  • Untuk menyamarkan lapisan teh, Anda bisa menggunakan cat kuku berwarna

Sumber "http://www.tabloidnova.com/Nova/Griya/Tips-Griya/4-Manfaat-Teh-Celup-untuk-Membersihkan-Rumah, http://butikpremium.com/articles/manfaat-teh-celup-untuk-kecantikan/"


Kodokoala: Gaya Hidup dan Kesehatan

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Manfaat Teh Celup, Mulai dari Kecantikan hingga Kebersihan Rumah!"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.