Cara Tepat Mengatasi Ponsel yang Jatuh ke Air

Saat kita terjebak di tengah banjir dan diguyur hujan, mungkin salah satu hal yang paling kita khawatirkan adalah ponsel. Bukan tidak mungkin saat kita sedang menghubungi teman di tengah jebakan banjir, tiba-tiba ponsel jatuh ke dalam air. Jika hal ini terjadi, apa yang harus kita lakukan?

hp-kecebur-air

Jangan panik, ponsel Anda tidak akan mati total saat jatuh ke air. Ada beberapa cara yang bisa segera Anda lakukan saat tiba-tiba ponsel masuk ke dalam air.

1. Keluarkan baterai
Anda tidak perlu panik saat ponsel Anda jatuh ke dalam air atau terkena air hujan.Cepatlah keluarkan baterai dari dalam ponsel Anda.

Selain baterai, lepas juga aksesoris yang menempel pada ponsel Anda seperti casing dan gantungan kunci. Lewat langkah ini, sirkuit dan perangkat penting yang ada di dalam ponsel Anda akan terselematkan.

2. Segera keringkan
Setelah itu, segera keringkan ponsel Anda menggunakan kain kering, handuk kering, atau tisu. Dengan langkah cepat ini maka ponsel akan terselamatkan dari kemungkinan yang lebih buruk seperti mati total atau rusak. Namun saat mengelap, pastkan juga bahwa partikel tisu maupun kain tidak tertinggal di dalam ponsel Anda.

3. Pakai vacuum cleaner
Vacuum cleaner juga bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk mengeringkan ponsel Anda yang sudah masuk ke air atau kehujanan. Vacuum cleaner bisa menyerap sisa-sisa air yang masuk ke dalam perangkat Anda sehingga bagian-bagian lain di dalam ponsel akan terselamatkan.

4. Masukkan ke dalam beras
Meski terdengar konyol, namun cara ini berhasil mengurangi kadar air di dalam ponsel. Cukup benamkan ponsel di wadah yang berisi beras. Beras diketahui bisa mengurangi kadar kelembaban air di dalam ponsel.

Itulah keempat cara mudah yang bisa Anda lakukan saat ponsel Anda tercebur di dalam air atau terkena air hujan. Jadi Anda tidak perlu buru-buru panik saat ponsel Anda terkena air karena langkah di atas bisa membantu Anda menyelamatkan ponsel Anda tadi.

Sumber "http://ciricara.com/2014/01/21/cara-tepat-mengatasi-ponsel-yang-jatuh-ke-air/"


Kodokoala: Handphone dan Gadget

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Cara Tepat Mengatasi Ponsel yang Jatuh ke Air"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.