Cara Merawat Motor Matik Injeksi yang Baik dan Benar

Setiap motor memiliki spesifikasi mesin yang berbeda, sehingga cara perawatannya pun tidak bisa disamakan. Perawatan motor yang menggunakan karburasi berbeda dengan perawatan motor yang sudah mengadopsi teknologi injeksi.

motor-matik

Saat ini sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi sudah semakin banyak, baik itu matik maupun non-matik. Tentu hal ini akan sedikit membingungkan bagi Anda yang belum tahu cara merawat motor berteknologi injeksi itu.

Agar performa motor matik tetap terjaga dan mesin tetap awet, berikut ada beberapa cara merawat motor matik injeksi yang perlu Anda perhatikan. Simak baik-baik penjelasannya berikut ini:

1. Proses pemanasan
Sebelum menggunakan motor matik injeksi, ada baiknya mesin dipanaskan terlebih dahulu selama kurang lebih 1 sampai 5 menit. Setelah selesai, motor bisa langsung dijalankan. Proses ini bertujuan agar sistem pembakaran motor matik injeksi lebih sempurna.

2. Pengaturan gas
Saat mengendarai motor matik injeksi, sebaiknya Anda tidak terlalu sering menaikan dan menurunkan gas atau kecepatan motor secara mendadak. Hal ini bisa memperpendek usia mesin motor.

3. Rutin mengganti oli
Pelumas atau oli pada motor matik harus diganti secara berkala. Hal ini mencegah mesin motor matik terasa kasar dan cepat panas. Umumnya oli motor matik perlu diganti dalam jangka waktu satu bulan sekali.

4. Periksa busi dan aki
Selalu periksa kondisi busi dan aki pada motor matik Anda. Jika sudah rusak sebaiknya langsung diganti dengan yang baru. Pilih suku cadang yang orisinil jika ingin tahan lama dan tetap awet seperti baru.

5. Ganti oli shockbreaker
Motor matik umumnya menggunakan single shockbreaker. Agar kualitas shockbreaker tetap baik, lakukan penggantian oli secara rutin setiap 10.000 km. Gangguan pada shockbreaker akan memunculkan bunyi mendecit.

6. Mengecek tangki bensin
Motor injeksi tidak boleh kehabisan bensin. Segera mengisi bensin saat jarum atau lampu indikator tangki menunjukan bahwa bensin tinggal sedikit. Menurut sejumlah informasi, mesin motor injeksi akan rusak jika kehabisan bensin.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat motor matik kesayangan. Semoga bermanfaat.

Sumber "http://ciricara.com/2013/12/04/cara-merawat-motor-matik-injeksi/"


Kodokoala: Kendaraan dan Transportasi

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Cara Merawat Motor Matik Injeksi yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.