Cara Cegah Karat di Tangki BBM

Musuh terberat logam adalah karat, apa lagi di bagian dalam tangki bensin, gampang banget berkarat gan. Tapi itu semua bisa dicegah kok, jika kita tahu apa penyebabnya dan rajin merawat tangki bensin tersebut. Nah buat agan yang belum tahu, ini nih tipsnya merawat tangki bensin agar tidak berkarat.

tangki-bensin

Sebenarnya hal yang menyebabkan logam bisa berkarat adalah penguapan atau bahasa fisikanya itu ‘kondensasi’, yang akhirnya menimbulkan uap air. Begitu juga pada bagian dalam tangki bensin agan2, kadang jika sering isinya hanya menyisakan beberapa liter bensin aja di dalam tangki, embun akibat penguapan gas bahan bakar itulah yang menyebabkan karat.

Selain itu juga saat mencuci motor dengan tekanan air yang kencang, kadang air bisa merembes masuk ke dalam tangki melalui lubang udara tangki. Begitu juga dengan kualitas karet tutup tangkinya agan,kalo sudah gak bagus, air bisa mempunyai celah untuk masuk ke dalam. Nah, untuk mencegah itu semua, perhatikan poin berikut ini gan:

Biasakan Tangki Terisi Penuh
Jika tangki terisi penuh, maka ini tidak akan memberi ruang udara untuk terjadinya penguapan bradsis, jika kondisinya cuma terisi setengah, disarankan cari parkir di tempat yang teduh agar tidak terkena sinar matahari langsung.

Saat Mencuci, Jangan Semprotkan Air ke Arah Tangki
Jika agan sering berlangganan pada cuci steam, mulai sekarang request deh sama abangnya agar tangki bensin tidak disemprot langsung ke arah tangki untuk mencegah rembesan air yang masuk kedalam tangki.

Cek Kondisi Karet Tutup Tangki
Semakin lama umur motor, semakin lemah juga kondisi karet tutup tangki. Jika sudah mulai melar atau gak kencang lagi, silakan ganti dengan yang baru, agar tangki bisa kembali tertutup dengan rapat.

Kuras Tangki
Lakukan pengurasan secara berkala, agar gak ada unsur air juga sisaan karat pada tangki.

Sumber "http://www.kaskus.co.id/thread/524a39e13fcb17dd7a000009/cara-cegah-karat-di-tangki-bbm/"


Kodokoala: Kendaraan dan Transportasi

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Cara Cegah Karat di Tangki BBM"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.