6 Cara Mendidik Anak agar Kreatif dan Cerdas

Bagi anda para orang tua, mempunyai anak yang cerdas dan kreatif suatu kembangaan tersendiri. Peran orang tua sangat di anjurkan, untuk itu anda para orang tua disarankan agar mendidik dengan baik dan benar. Berikut cara agar anak kreatif dan cerdas.

mendidik-anak

1. Memberikan arahan yang logis caranya dengan membiasakan diri untuk mengarahkan dengan hal-hal positif agar membuatnya terbiasa dan mengerti. Mungkin anak-anak sering bertanya mengenai berbagai hal. Untuk itu, Anda bisa memberikan jawaban atau arahan yang logis untuknya.

2. Tidak membatasi ruang gerak si anak. Mereka memang suka bermain dan mencoba hal-hal baru. Biasanya dirinya juga tak suka dibatasi atau dilarang-larang oleh orangtuanya. Jangan membatasi anak karena bisa membuatnya jadi seseorang yang penakut. Anda bisa membiarkan apa yang dimau, namun tetap dalam pengawasan.

3. Mengajaknya bermain merupakan salah satu cara efektif mendidik anak menjadi kreatif. Ajaklah si anak untuk bermain permainan yang mengasah otaknya. Anda bisa menemukan beberapa mainan kreatif tersebut dari buku, internet, ataupun majalah.

4. Sabar dan tekun mengajarinya. Anak-anak seringkali melakukan kesalahan yang sama. Untuk menghadapinya, Anda dituntut agar lebih sabar. Jangan pernah bosan untuk menasihati, mengingatkan, dan meluruskan kesalahan anak. Jika Anda sabar dan tekun menghadapinya, maka si anak akan mengerti bahwa yang dilakukan merupakan perbuatan yang salah. Selain itu, ini juga akan membuka wawasan dan kreativitas anak tentang bagaimana dirinya harus berperilaku.

5. Ajaklah si anak berlibur ke tempat yang unik dan menyenangkan. Seperti ke tempat wisata yang memiliki fasilitas outbond, kerajinan tangan, dan tempat lain yang bisa membuatnya jadi anak yang kratif. Selain itu, Anda juga bisa mengajaknya ke museum agar si anak memiliki wawasan yang luas.

6. Hindari menasihati anak dengan penuh emosi. Hal tersebut malah membuat anak jadi melawan atau menjadi sosok yang pendiam dengan kreativitas yang rendah. Alangkah baiknya menasihati anak dengan penuh kasih sayang. Sampaikan kata-kata yang bisa dimengerti olehnya dengan sabar, maka si anak akan mengerti apa yang harus dilakukan dan meningkatkan kreativitasnya.

Sumber "http://www.topulerkan.com/mendidik-anak-agar-kreatif-dan-cerdas-dengan-cara-ini-008085/"


Kodokoala: Gaya Hidup dan Kesehatan

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "6 Cara Mendidik Anak agar Kreatif dan Cerdas"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.