Gempa 5,9 SR Guncang Selatan Jawa Timur

Gempa bumi mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur. Menurut informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter @infoBMKG, gempa ini berkekuatan 5,9 SR terjadi pada pukul 09.13 WIB. Pusat gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer dan terletak di 112 kilometer tenggara Kabupaten Malang.

Indikator Gempa

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho menyatakan pihaknya telah mengkonfirmasi dampak gempa ke beberapa daerah. "Dari BPBD Malang dilaporkan gempa terasa sedang selama 3-5 detik. Lampu di dalam gedung bergoyang. Tidak ada kerusakan di Kota Malang," ucapnya melalui pesan singkat, Senin, 8 Juli 2013.

Sedangkan di Bondowoso, kata dia, gempa terasa cukup kuat selama 5 detik. Masyarakat yang di gedung Rumah Sakit Bondowoso segera keluar gedung. "Tidak ada kerusakan," kata Sutopo. Begitu juga di Jember, gempa dirasakan cukup kuat selama 5 detik. Masyarakat sebagian keluar rumah serta tidak ada kerusakan.

Ia menuturkan berdasarkan peta guncangan gempa, menunjukkan intensitas III MMI (lemah) di selatan wilayah Jawa Timur. Sumber gempa berada di bagian dalam zona subduksi atau pertemuan lempeng tektonik antara lempeng Hindia Australia dan Eurasia. "Badan Penanggulangan Bencana Daerah masih melakukan pengecekan ke bagian selatan," ujarnya.

Reza Pahlevi, warga Kota Banyuwangi, Jawa Timur, merasakan gempa itu pukul 09.19. WIB. "Berlangsung selama hampir 1 menit," katanya saat dihubungi Tempo, Senin, 8 Juli 2013. Tidak ada korban jiwa di sekitar tempat tinggal Reza.

Menurut dia, lindu juga dirasakan oleh rekan-rekannya di Probolinggo, Pasuruan. "Kami berkomunikasi lewat Blackberry Messanger. Sepertinya warga di selatan Jawa merasakan," ujarnya.

Sumber "http://www.tempo.co/read/news/2013/07/08/058494327/Gempa-59-SR-Guncang-Selatan-Jawa-Timur"


Kodokoala: Berita

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Gempa 5,9 SR Guncang Selatan Jawa Timur"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.