Edan, Jepang Punya Koneksi Internet 2 GB per Detik!

Jika Google bangga dengan layanan Google Fiber yang baru saja diluncurkan di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, dimana layanan internet tersebut diklaim memiliki kecepatan 1 Gbps upload dan download dengan biaya $70 per bulan, maka warga Jepang boleh tertawa karena mereka kini bisa menikmati layanan internet untuk perumahan berkecepatan 2 Gbps untuk download dan 1 Gbps untuk upload dengan biaya hanya $51 per bulan.

Penyedia Layanan Intenret

Layanan yang disebut Nuro ini dihadirkan oleh sebuah ISP bernama So-net Entertainment yang didukung oleh Sony. Dengan membayar $51 per bulan – jika berlangganan selama 2 tahun, maka pelanggan bisa mendapat kecepatan download dan upload yang sangat menakjubkan yakni 2Gbps dan 1 Gbps. Layanan berbasis fiber optic tersebut diluncurkan di daerah pemukiman termasuk rumah dan apartemen, serta bisnis kecil di Tokyo dan 6 daerah di sekitarnya. Jika tidak ada jaringan fiber optic yang melewati, maka layanan tersebut akan tetap berjalan dengan unit jaringan optik yang mengubah fiber menjadi broadband. Bagi sebagian pengguna yang tidak memiliki hardware yang memungkinkan menerima akses data secepat itu mungkin hanya bisa menangis karena tidak bisa menikmati layanan dengan maksimal.

Dengan kecepatan download 2Gbps dan upload 1Gbps menjadikan layanan tersebut menjadi layanan internet tercepat yang ada saat ini. Sebelumnya pernah tercatat kecepatan layanan internet hingga 101Gbps pada 2004 dan pada tahun 2001 juga pernah ada layanan internet via fiber optic yang mengirimkan kecepatan hingga 109Tbps. Apalagi dengan biaya yang terbilang sangat murah dibanding layanan lainnya di negara-negara lain termasuk Indonesia. Selain biaya bulanan $51, untuk pemasangan Nuro calon pelanggan harus membayar sebesar sekitar $524 dimana harga tersebut sudah termasuk menyewa Optical Network Unit (ONU) yang digunakan untuk menangani koneksi berkecepatan tinggi dan mengonversi sinyal dari fiber ke broadband internet yang bisa digunakan di rumah.

Sumber "http://www.kaskus.co.id/thread/5170f89b7c12431b4000000a"


Kodokoala: Teknologi dan Komputer

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Edan, Jepang Punya Koneksi Internet 2 GB per Detik!"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.