Alasan Kenapa PLN Memadamkan Listrik Anda

Kita semua tau kan ama “Pemadaman Bergilir“, tu semua dilakukan oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara), Tapi kita semua pernah tau ga kenapa PLN melakukan tu semua?? Pasti beberapa diantara kita pade blom tau kan.

PLN - Mati Lampu

Okelah gan, ane berbagi sedikit informasi kenapa “Pak PLN” mengadakan pemadaman listrik, mungkin disebabkan hal2 berikut ini...

Pada dasarnya suatu sistem ketenagalistrikan, dari yang berskala kecil seperti jaringan distribusi ke yang berskala besar seperti instalasi jaringan transmisi atau Gardu Induk, harus dapat beroperasi secara berkesinambungan dengan normal tanpa adanya gangguan. Namun seringkali gangguan tidakdapat dihidari.

Gangguan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:

a. Human Error (Kesalahan Manusia)
Gangguan yang timbul akibat kesalahan operator dalam pengoperasian yang tidak sesuai dengan prosedur atau SOP yang telah ditetapkan.

b. Internal/System Error
Gangguan yang timbul dari dalam sistem, contohnya seperti faktor arus berlebih, usia peralatan atau komponen listrik, atau tegangan berlebihan yang mengakibatkan kerusakan isolasi peralatan kelistrikan.

c. External Error

Gangguan yang datang dari luar sistem, seperti faktor cuaca dan alam. Contohnya seperti pohon tumbang, petir, gempa, banjir, aktivitas hewan, atau kecelakaan kendaraan bermotor.

Sedangkan gangguan sistem tenaga listrik menurut sifat dan penyebabnya dapat dibagi menjadi 4 macam, yaitu:

a. Hubungan singkat

Hubungan singkat dapat terjadi apabila kualitas isolator tidak memenuhi standar atau syarat yang telah ditetapkan, dapat disebabkan oleh faktor mekanis, usia isolator, dan daya isolasi bahan isolator tersebut.

b. Beban Lebih
Beban lebih ini terjadi karena memang keadaan pembangkit yang kurang dari kebutuhan beban aktualnya.

c. Tegangan Lebih
Tegangan lebih dapat membahayakan isolasi peralatan atau komponen kelistrikan yang ada di Gardu Induk atau instalasi listrik lainnya.

d. Gangguan Stabilitas
gangguan stabilitas komponen listrik dapat terjadi apabila terjadi hubungan singkat arus listrik yang terlalu lama.

Sumber "http://www.kaskus.co.id/thread/51cadfdc582acfb818000002"


Kodokoala: Wawasan

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Alasan Kenapa PLN Memadamkan Listrik Anda"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.