Artikel Tidak Terindeks Google? Itu Kena Google Sandbox!

Haduh, kenapa ya artikel blog saya tidak terindeks oleh Google? Itu dampak dari Google Sandbox. Lalu apa itu Google Sandbox?

Google Sandbox

Google Sandbox merupakan suatu keadaan di mana sebuah situs atau blog yang telah didaftarkan ke mesin pencari hilang dari peredaran SERP (Search Engine Result Pages) Google. Atau lebih akrab disebut oleh para webmaster dengan penjara Google. Biasanya situs yang terkena efek ini adalah yang umurnya masih muda, namun tidak menutup kemungkinan bagi situs yang mempunyai ranking bagus di Google juga terkena efek Google Sandbox.

Google Sandbox adalah tempat sementara sebuah situs atau blog diparkir dan dinilai oleh Google. Apakah alamat tersebut layak muncul dalam SERP atau tidak. Tentu pertimbangan Google ini didasari oleh peraturan-peraturan yang telah diberikan. Secara normal sebuah situs baru bisa keluar dari Sandbox setelah 6 bulan. Hal inilah yang menjadikan Google Sandbox sebagai salah satu momok besar bagi setiap blogger dan webmaster.

Bahkan artikel Kodokoala juga ada yang terkena Google Sandbox, yaitu:

Apa penyebab artikel blog kita terkena Google Sandbox?
  • Melakukan optimasi yang berlebihan, sehingga google menganggap spam.
  • Artikel yang di anggap plagiat, tanpa menyertakan sumber referensi nya.
  • Terlalu gencar berburu backlink.
  • Didalam artikel terlalu banyak menyebut satu kata yang diulang-ulang.

Bagaimana cara keluar dari Google Sandbox?
  • Memperbarui sebagaian postingan yang berhubungan dengan URL yang terkena Google Sandbox dan berikan link anchor ke postingan yang terkena Google Sandbox tersebut.
  • Menghentikan sementara optimasi, jikapun mau optimasi jangan menggunakan farm tapi dengan normal dan minimal mempunyai PR1.
  • Membuat sebuah artikel mengenai Google Sandbox dan berikan link anchor ke artikel yang terkena Google Sandbox dan berikan juga link dofollow ke google.com atau google.co.id, dan ke google webmaster guidelines.
  • Tulis ulang atau re-publikasi artikel yang terkena google sandbox dan berikan link ke google.com atau google.co.id.
  • Carilah backlink yang minimal mempunyai PR1 dan gunakan tools pencari backlink untuk mempermudah dalam pencarian backlink yang berkualitas.
  • Reconsideration request di google webmaster dan submit ulang lagi sitemap website atau blog anda.

Semoga artikel ini dapat membantu sobat semua yang terkena Google Sandbox, dan saya juga berdoa agar blog ini keluar dari Google Sandbox.


Kodokoala: Blog dan SEO

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Artikel Tidak Terindeks Google? Itu Kena Google Sandbox!"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.