Malaysia Minta Izin Mau Klaim Songket Palembang

Songket Palembang di klaim Malaysia? Ya, begini awal mulanya. Utusan Negara Bagian Selangor, Malaysia, yang berkunjung ke Palembang, Sumatera Selatan, Rabu, 19 September 2012, menyampaikan keinginan mereka menjadikan produk kain songket motif telepuk sebagai pakaian resmi di negeri mereka.

Malaysia Klaim Songket Palembang


Pengurus Peribadatan Adat Melayu dan Warisan Negeri Selangor, Shafie Abubakar, di Palembang, mengatakan, mereka sudah enam tahun meneliti asal motif kain songket telepuk dan hiasan kelingkan yang ternyata asli dari Palembang.

"Kami sudah cukup lama meneliti, termasuk berkunjung ke sejumlah daerah di Riau. Ternyata songket motif telepuk dan kelingkan asli dari Kota Palembang," katanya.

Negara Bagian Selangor selama ini ingin menjadikan kain yang bermotif telepuk dan berhiaskan kelingkan itu menjadi busana resmi Negeri Selangor. Namun, sebagai langkah awal, mereka akan melakukan pendekatan kepada pemilik asli motif itu, yaitu pengrajin Palembang, melalui pemerintah kota setempat.

Ia berharap bisa segera melakukan kesepakatan bersama antara Negara Bagian Selangor dan Pemerintah Kota Palembang agar diperkenankan menjadikan kain bermotif telepuk dan berhiaskan kelingkan itu menjadi busana resmi Negeri Jiran.

Menurut Shafie, setelah diizinkan, mereka akan membuat duplikat motif tersebut untuk dikenakan sebagai pakaian resmi Negeri Selangor.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang, Thabrani, menjelaskan, perlu proses untuk menentukan apakah Negeri Selangor diizinkan menggunakan motif dan hiasan tersebut menjadi pakaian resmi mereka.

Koordinasi antar-instansi terkait tentunya harus segera mereka lakukan untuk menentukan sikap apakah keinginan utusan negeri tersebut bisa direalisasikan. Namun, ia menambahkan, dalam waktu dekat, mereka akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memastikan apakah motif tersebut telah dipatenkan atau belum.

Jika belum dipatenkan, harus terlebih dahulu dilakukan koordinasi agar jelas hak atas kekayaan intelektual sehingga tidak bisa langsung mengizinkan keinginan pejabat Negeri Selangor itu.

Motif telepuk adalah salah satu dari puluhan motif songket warisan Kesultanan Palembang Darussalam, yang berbentuk bunga khas. Sedangkan kerajinannya juga berupa bunga berbahan perak yang sering digunakan sebagai hiasan kain.

Malaysia klaim Songket Palembang? Itu biasa. Malaysia Klaim lagu SBY? Baru luarbiasa.



Kodokoala: Berita

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Malaysia Minta Izin Mau Klaim Songket Palembang"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.