Nenek Keiko Fukuda, Pemegang Level Tertinggi Bela Diri Judo

Sensei Keiko Fukuda
 
Di tahun 2011 seorang nenek tua renta berusia 98 tahun yakni Sensei Keiko Fukuda dipromosikan ke Dan-10, level tertinggi dalam seni bela diri judo.

Hanya tiga orang lain yang kesemuanya pria dalam kurun waktu se abad lebih yang telah memperoleh Dan 10 Dan. Nenek Keiko Fukuda ini juga merupakan mahasiswa yang masih hidup terakhir dari pendiri Judo, Jigoro Kano, yang pada gilirannya diajarkan oleh Fukuda Hachinosuke sebelum ia mendirikan sendiri seni bela diri. Fukuda Hachinosuke? Mengapa, ia kakek Keiko Fukuda, master jujutsu dan samurai.


Ketika Kano ditawarkan untuk melatih dirinya dalam Judo untuk menghormati kakeknya, ibu dan kakaknya mendukungnya, dengan asumsi bahwa dia akan menikah dengan salah satu orang yang dia latih.


Moto pribadi? "Jadilah lembut, baik hati, dan indah, namun tegas dan kuat, baik secara mental dan fisik."


Semangat hidupnya patutlah kita tiru, terutama lagi adalah berguna bagi masyarakat hingga sang malaikat maut menjemput kita. Setidaknya kita harus berusaha, bila seorang nenek tua renta bisa berguna maka kenapa kita tidak?


Kodokoala: Orang Dan Tokoh

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Nenek Keiko Fukuda, Pemegang Level Tertinggi Bela Diri Judo"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.