Sirkuit Elektronik Yang Dapat Menempel Di Kulit Seperti Tatto


Ilmuwan menciptakan sirkuit perangkat elektronik yang dapat dikenakan di tubuh layaknya tatto.

Bayangkan sebuah sirkuit perangkat elektronik supertipis dan fleksibel dan bisa ditempel di kulit layaknya tatto. Kalau ada perangkat semacam ini sepertinya kita bisa membawa-bawa ponsel ke manapun kita pergi dan tak perlu takut kehilangan, karena toh si ponsel menempel di kulit.


Perangkat ini telah diciptakan oleh ilmuwan Universitas Illinois. Selain untuk ponsel, alat ini terutama diciptakan untuk keperluan medis dan militer. Cara kerjanya seperti barang elektronik umumnya, tapi tak butuh kabel.


"Ini adalah konsep yang matang tentang perangkat elektronik yang dapat dikenakan. Teknologi ini akan menghubungkan kita ke dunia fisik serta cyber dengan cara alami dan nyaman," ujar profesor Todd Coleman dari Universitas Illinois, seperti dikutip dari Times of India.


Yonggang Huang, profesor teknik dari Universitas Northwestern, mengatakan temuan ini adalah hasil perpaduan antara ilmu elektronika dan biologi.


Tatto sirkuit elektronik ini sangat fleksibel dan tidak berubah bentuk walau ditempa atau diregangkan sekalipun. Ukurannya hanya sebesar perangko, lebih tipis daripada rambut manusia, dan dapat menempel pada kulit tanpa lem, melainkan dengan listrik statis alami.


Kodokoala: Teknologi Dan Komputer

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Sirkuit Elektronik Yang Dapat Menempel Di Kulit Seperti Tatto"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.