Maraknya Budaya Copy-Paste Dalam Dunia Blog

Haduch-haduch, memang budaya copas alias copy-paste sudah menjadi sebagian tradisi dalam dunia blog. Lihat saja blog-blog awam yang masih baru, artikelnya 90% sama semua . Entah bagaimana ya memang begitu adanya, maksudnya sih biar potingan blognya rame gitu.


Sebenarnya sih copas sah-sah aja asal sudah izin sama yang punya artikel atau menyertakan nama sumber, namanya juga mau bagi informasi dan ilmu.  Tapi inilah dia masalahnya, banyak blog yang tidak menyertakan nama sumber dalam postingan hasil copasnya! Lho?? Kenapa ya? mungkin malu karena hasil copas hhe.

Ssstt jangan ada yang tersinggung dulu, saya akui blog kodokoala juga sebagian besar yang hasil copas 70% lah, namun saya bingung karena sumber artikel yang saya ambil dari blog orang juga hasil copas. Nah loh bagaimana ini? ya jadinya saya tidak menyertakan nama sumbernya hhe.

Sepertinya sudah terlalu banyak artikel di dunia maya sudah yang umum, karena oknum yang tidak bertanggung jawab alias korupsi hak cipta (coba ada KPK blog, bisa-bisa kodokoala kejaring juga) alhasil artikel copas itu tidak jelas sumbernya. Eitz sobat, kalian juga harus berhati-hati dalam copas artikel, karena itu melanggar hukum dan bisa ditindak pidana. Ini dia Undang-Undangnya: 


Fungsi dan Sifat Hak Cipta
Pasal 2
(1) Hak Cipta merupakan hak eksklusif bagi Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya, yang timbul secara otomatis setelah suatu ciptaan dilahirkan tanpa mengurangi pembatasan menurut peraturan perundang¬undangan yang berlaku.
(2) Pencipta dan/atau Pemegang Hak Cipta atas karya sinematografi dan Program Komputer memiliki hak untuk memberikan izin atau melarang orang lain yang tanpa persetujuannya menyewakan Ciptaan tersebut untuk kepentingan yang bersifat komersial.

Pembatasan Hak Cipta
Pasal 14
Tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta:
a. Pengumuman dan/atau Perbanyakan lambang Negara dan lagu kebangsaan menurut sifatnya yang asli;
b. Pengumuman dan/atau Perbanyakan segala sesuatu yang diumumkan dan/atau diperbanyak oleh atau atas nama Pemerintah, kecuali apabila Hak Cipta itu dinyatakan dilindungi, baik dengan peraturan perundang-undangan maupun dengan pernyataan pada Ciptaan itu sendiri atau ketika Ciptaan itu diumumkan dan/atau diperbanyak; atau
c. Pengambilan berita aktual baik seluruhnya maupun sebagian dari kantor berita, Lembaga Penyiaran, dan surat kabar atau sumber sejenis lain, dengan ketentuan sumbernya harus disebutkan secara lengkap.


Nah bagaimana sob? jelas kan kalau mau copas harus  sumbernya harus disebutkan secara lengkap.  Bukan itu saja, bagi yang melanggar ini dia tindak pidananya:



Ketentuan Pidana
Pasal 72
(1) Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) dipidana dengan pidana penjara masing-masing paling singkat 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).
(2) Barangsiapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu Ciptaan atau barang hasil pelanggaran Hak Cipta atau Hak Terkait sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
(3) Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu Program Komputer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
(4) Barangsiapa dengan sengaja melanggar Pasal 17 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).
(5) Barangsiapa dengan sengaja melanggar Pasal 19, Pasal 20, atau Pasal 49 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah).
(6) Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak melanggar Pasal 24 atau Pasal 55 dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah).
(7) Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak melanggar Pasal 25 dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah).
(8) Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak melanggar Pasal 27 dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah).
(9) Barangsiapa dengan sengaja melanggar Pasal 28 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1.500.000.000,00 (satu miliar lima ratus juta rupiah).


Mahal banget kan? bisa jual rumah cuma gara-gara copas, jadi pesan buat kita bersama "Jadilah blogger yang bijak dan disiplin". Ok? Salam blogger Indonesia.


Kodokoala: Blog Dan SEO

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Maraknya Budaya Copy-Paste Dalam Dunia Blog"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.