Ayo! Kenali "EEK"mu untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Bentuk EEK Seperti Kotoran Kambing
Pernah liat kotoran kambing gan? Kotorannya kecil-kecil kayak kerikil keluar berantakan. EEK yang seperti ini menandakan bahwa ada yang salah pada otot di perut dan dinding usus agan. Otot-otot pada dinding usus tegang, sehingga bentuk EEKnya seperti itu, bisa karena kurang olahraga, atau kurang magnesium. Banyaklah makan makanan yang mengandung magnesium, seperti Bayam, Brokoli, Pisang. Mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium bisa membuat otot-otot dinding usus lebih relaks.

cute-feces

Banyak Potongan Makanan Pada EEK
Pernah gak gan liat EEKagan ada potongan makanannya? biasanya sih jagung, batang sayur (biasanya kangkung/sawi). Kalo EEK agan seperti ini, emang sih EEKnya keren jadi ada motifnya, wakakka.. Tapi itu tandanya, agan waktu makan kurang banyak mengunyah makanan agan. Makanan yang berserat tinggi, kadang tidak diurai sempurna oleh lambung. Kinerja lambung jadi semakin keras untuk mencerna makanan-makanan tersebut. Ada baiknya agan mengunyah lebih banyak dari yang agan lakukan biasanya, agar kinerja lambung bisa maksimal, dan nutrisi dari makanan tersebut dapat diserap sepenuhnya untuk nutrisi tubuh.

cute-feces

EEK Berwarna Hitam
Perhatikan warna EEKagan, apakah warnanya gelap/hampir hitam? Kalo iya, mungkin karena agan terlalu banyak makan bayam atau suplemen zat besi. EEK warna gelap juga bisa menjadi tanda sembelit. Bahkan EEK berwarna gelap bisa mengindikasikan masalah kesehatan yang lebih serius, misalnya pendarahan usus. Jadi saat darah melakukan perjalanan ke saluran pencernaan, besi dioksidasi sehingga menyebabkan kotoran berwarna gelap. Sebaiknya jangan dirimehkan, jika kotoran agan menghitam, segeralah kunjungi dokter, inget gan, dokter, bukan ke dukun yah.

cute-feces

EEK Berlendir
Lendir inilah yang paling susah dikenali waktu kita BAB, soalnya EEKlangsung nyemplung ke air, lendirnya jadi tersamarkan. EEK yang berlendir menandakan adanya peradangan membran di usus, membran di usus bernama membran Mukosa, membran ini bekerja untuk menghasilkan lendir, untuk memperlancar EEK waktu keluar, tapi dalam keadaan tubuh normal, lendir yang dihasilkan tidak akan sampai terlihat, atau jumlahnya sedikit.

cute-feces

EEK Lengket di Jamban
Biasanya EEKgampang banget kepleset waktu masuk ke jamban. Tapi kadang jg ada EEK yang suka lengket di jamban, meskipun uda disiram air berkali kali. Trs jg, EEKnya lebih bau dari biasanya, ya bisa dibilang bau EEK Dewa lah. Kalo agan pernah ngalamin ini, itu adalah tanda adanya lemak di EEK agan. Apa penyebabnya? Mungkin empedu atau hati sedang bermasalah. Solusinya, minum jus lemon/jeruk nipis panas setiap pagi bisa meringankan masalah ini.

cute-feces

EEK Warna-Warni
Kadang EEKwarna Ijo, Kadang Merah. EEK dengan warna cerah seperti itu menandakan pencernaan kita sehat. Biasanya EEK warna ijo kalo abis makan Bayam gan, trus kalo EEK warna merah, biasanya setelah kita makan buah naga yang daging buahnya warna merah keunguan gan. Jadi jangan kaget kalo EEKnya jadi warna-warni.

cute-feces

EEK Panas alias HOT SHIT
Kalo EEKini lewat gan, rasanya dubur kayak kebakar gan. Ya iyalah, agan makannya cabe mulu, jadi sisa-sisa fesesnya pedes jg. Hati-hati gan, terlalu sering makan pedas bisa menyebabkan sembelit dan wasir.

cute-feces

EEK Cair alias Mencret
EEKyang satu ini uda jelas-jelas pasti badan agan uda ga sehat lagi, bisa karena kena Diare, Masuk Angin, atau sakit Maag Akut. Harus ke dokter gan!

cute-feces

EEK Putih
Kalau eek nya pucat dan hampir warna putih, ente kena sakit kuning/lever gan! pernah alami soalnya.

cute-feces

EEK Sehat
EEKyang sehat adalah eek yang berbentuk seperti pisang, tidak terlalu keras dan tidak terlalu lunak. Dan Frekuensi buang air besarnya normal, minim 2 hari sekali gan. Meskipun kebanyak orang merasa buang air besar itu baiknya dilakukan 1-2 kali sehari. Warna EEK yang sehat bervariasi antara cokelat kayu yang agak pucat hingga warnanya sepertinya perunggu.

cute-feces

Sumber "http://www.kaskus.co.id/thread/53072d1a20cb174f088b4591/kenali-eekmu-untuk-tubuh-yang-sehat/"


Kodokoala: Gaya Hidup dan Kesehatan

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

3 Komentar untuk "Ayo! Kenali "EEK"mu untuk Tubuh yang Lebih Sehat"

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.