7 Antivirus Top Buatan Indonesia

1.Blue Atom Antivirus [Download]

Download Atom Antivirus 

Ane salut akan pembuat anti virus satu ini yang ternyata masih cilik dan berasal dari Surabaya, mungkin sekarang sudah kelas X SMA. Pembuatnya yang bernama  ini membuat antivirus menggunakan visual basic. Antivirus ini cukup keren desainnya dan fiturnya lumayan lengkap. Seperti yang penulis kutip dari Kompas.

Hanya dalam kurun waktu sekitar dua tahun, Putra pasangan Muliani Tedjakusuma dan Surya Mutiara itu sudah menguasai bahasa pemrogaman visual basic, c#, dan asmbler (ASMX 86). Kemampuan menguasai tiga jenis bahasa pemrogaman itulah yang mengantar Alvin membuat antivirus.

Pembuat anti virus ini ternyata menguasai 3 bahasa pemrograman, sehingga dapat membuat antivirus sendiri. Dibanding penulis yang hanya menguasai 2 bahasa pemrograman (javascript dan php), masih kalah jauh dibanding anak ini.

2.Smadav Antivirus [
Download]

Download Smadav Antivirus 

Bisa dipastikan, smadav merupakan antivirus yang lagi naik daun. Mengapa penulis berani mengatakan itu ? karena ane lihat dari berbagai warnet, kantor, dan lab sekolah, antivirusnya memakai smadav. Antivirus ini juga sangat ringan dibanding dengan antivirus lokal lainnya. Di dalamnya juga terdapat tool-tool yang sangat bermanfaat untuk advanced user, seperti system process.

Antivirus ini juga sangat mantap, jika kamu menggunakan versi pro. Terdapat update otomatis, mengganti warna tema, scan lebih cepat 10 x, dan tanpa iklan. Kelebihan Smadav yang tidak dapat dipungkiri adalah mendeteksi virus dari prilakunya, jadi AV satu ini tidak tergantung pada signature.

Dan yang perlu di tandai dalam antivirus ini masih ada kesenjangan antara yang pro dan free, jadi penulis kira lebih baik semuanya universal tanpa dibedakan antara pro dan free.

3.Ansav Antivirus [Download]


Download Ansav Antivirus 

Sebagai pemain lama, ansav sepertinya sudah mulai jarang menunjukan tajinya. Ansav mulai kurang populer dengan hadirnya smadav. Namun salah satu fitur yang cukup membuat penulis tersenyum adalah pluginnya, karena dengan plugin kita bisa menambahkan kekuatan ansav ini. Bahasanya juga bisa diubah, bahkan bahasa palembang ada juga ! Arsip juga bisa di scan tanpa masalah oleh Ansav.

Ansav dulunya merupakan antivirus favorit penulis sebelum munculnya smadav, karena di dalamnya terdapat tool-tool penting yang dapat membantu membasmi virus yang sekarang juga di adaptasi di smadav.

Di dalam general optionnya banyak berbagai opsi yang sangat berguna bagi para pengguna advance. Namun kekurangannya anti virus ini masih tergantung pada signature, mau tidak mau kita arus selalu mengupdate database signaturenya. So, diharapkan antivirus ini bertahan dan selalu memperbarui versinya yang masih beta agar antivirus lokal indonesia maju. Go go!

4.PC Media Antivirus [Download
]

Download Pc Media Antivirus 

Antivirus ini sama seperti ansav, sudah mulai kehilangan pamornya.Antivirus besutan Majalah PCMedia ini cukup berat menurut penulis, entah karena signaturenya yang banyak atau programnya emang membutuhkan memori lebih banyak. Namun yang patut diacungi jempol adalah koleksi signaturenya yang mungkin dapat mengalahkan antivirus lokal lainnya, yang mendapat predikat the best signature database dari penulis.

Dengan banyaknya signature virus di dalam PCmav ini, banyak virus lokal yang di deteksi. Namun sayangnya tidak ada tool-tool yang cukup berguna bagi penulis. Nilai minus untuk antivirus ini. Antivirus ini juga tidak sepenuhnya freeware, karena dilarang penggunaanya untuk organisasi profit seperti warnet.

5 GUCUP Antivirus (GAV) [Download]


Download GUCUP Antivirus 

GUCUP Antivirus merupakan salah satu karya anak bangsa yang sudah dikenal Indonesia bahkan dunia Internasional, Antivirus ini dibuat oleh Yusuf Theretsa Patiku, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. GAV ini dibuat dengan Microsoft Visual Studio .Net 2003 dengan bahasa pemrograman C#, Antivirus ini juga sudah mendapat garansi 100% clean dari Softpedia.com dan bisa langsung di download disana, kelebihan dari antivirus ini adalah mampu menscan file arsip seperti rar maupun zip, memory system scanning, proses scanning cepat, mampu memisahkan file document yang sudah terinfeksi malware (for : Backdoor.Win32.Delf.axz, Trojan.Win32.Delf.aav, Worm.Win32.Delf.cd) dan mampu memisahkan file aplikasi/.exe dari malware (for : DeulleDo-X [2], Virus.Win32.Delf.bk). Dan masih banyak lagi fitur menarik dari Antivirus ini.

6.AVIGEN Antivirus [
Download]

Download AVIGEN Antivirus 

AVIGEN Antivirus merupakan antivirus buatan Indonesia yang mempunyai website di www.vibi-bego.com kelebihan dari antivirus ini adalah bisa mencari file-file yang sudah terinfeksi virus seperti worm, hacktool, exploit script, serta trojan horse. Fasilitas yang terdapat pada AVIGEN adalah registry tweak, scan running proses, process viewer, scan autorun location dan masih banyak lagi. Selain itu Antivirus ini juga sudah mendapatkan sertifikat 100% clean dari softpedia.com

7.Artav Antivirus [Download
]

Download Artav Antivirus

Program antivirus Artav sebenarnya dimulai dari kekesalan dua remaja asal Bojongsoang ini yang setiap hari menemukan virus di komputer milik ayahnya. Mereka tidak habis pikir, mengapa virus-virus itu tidak kunjung teratasi setelah semua program antivirus dicoba. "Sampai akhirnya motherboard rusak. Saya kan kesel," Rival mengenang awal dimulainya proyek Artav.

Agar komputer tersebut bisa digunakan kembali, siswa kelas II SMP 48 Bandung ini berjibaku mengumpulkan uang bersama kakaknya, Taufik, untuk untuk membeli motherboard baru. Selain uang jajan, mereka juga menyimpan uang jatah Lebaran yang biasanya digunakan untuk membeli baju baru. "Lebaran tahun 2009 kemarin kami terpaksa tidak beli baju baru. Uangnya dipakai buat beli motherboard," cerita Rival yang diamini Taufik. Motherboard seharga Rp 450.000 itu akhirnya bisa mereka beli dan komputer sang ayah pun bisa berfungsi kembali.


arrival-dan-taufik

Akhir Maret 2010, mereka mulai membuat rancangan aplikasi antivirus berbasis Visual Basic dengan fasilitas seadanya. Mereka hanya mengandalkan komputer milik ayahnya yang sehari-hari digunakan untuk memperbaiki ponsel pelanggan.

Sumber "Forum Lounge Kaskus"


Kodokoala: Teknologi Dan Komputer

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "7 Antivirus Top Buatan Indonesia"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.