Ternyata di Amerika Kangkung Adalah Tanaman Ilegal, kok Bisa?

Bagi sebagian negara-negara di Asia, terutama wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur Jauh, kangkung merupakan jenis tanaman yang sangat populer dan memiliki banyak sekali penggemar. Selain karena rasanya yang nikmat, kangkung juga dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Tapi ternyata hal ini tidak berlaku di Amerika. Di negara tersebut tanaman kangkung termasuk kedalam kategori tanaman ilegal dan jika ditemukan aparat terkait berhak untuk memusnahkannya.

kangkung

Tanaman kangkung, dalam istilah botani disebut Ipomoea aquatica, memiliki panggilan yang berbeda di beberapa negara. Beberapa nama yang digunakan untuk menyebutkan tanaman kangkung antara lain water spinach, water morning glory, water convolvulus, morning glory, ong-choy atau swamp cabbage. Secara mengejutkan ternyata tanaman yang banyak kita jumpai di Indonesia ini ternyata dinyatakan sebagai tanaman berbahaya oleh Federal Noxious Weed Act.

Federal Noxious Weed Act sendiri merupakan sebuah badan di Amerika yang bertugas untuk mengawasi pertumbuhan dan penyebaran segala jenis tumbuhan di negeri tersebut. Dengan kewenangan yang diberikan oleh Sekretaris Kementrian Agrikultur Amerika, badan ini berhak untuk melakukan penetapan terhadap tanaman yang dianggap berbahaya dan melakukan tindakan yang diperlukan terhadap tanaman tersebut termasuk memusnahkannya.

Berdasarkan sebuah daftar yang dikeluarkan oleh Federal Noxious Weed Act, tanaman kangkung termasuk dalam tanaman yang berbahaya. Melakukan impor atau penyebaran tanaman kangkung, termsasuk juga benihnya, antar negara bagian di Amerika dinyatakan sebagai sesuatu yang ilegal. Pada beberapa negara bagian, tanaman kangkung dinyatakan tetap boleh ditanam untuk konsumsi yang bersifat pribadi dan harus dengan seizin badan yang berwenang.

Lantas kenapa sebenarnya tanaman kangkung dilarang di Amerika? Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan bahwa benih, bunga dan daun tanaman kangkung mengandung suatu senyawa yang disebut alkaloid ergoline. Senyawa ini selama berabad-abad telah digunakan banyak kebudayaan penduduk Mexico sebagai sebuah entheogen (sebutan senyawa psychoactive yang digunakan dalam kegiatan keagamaan atau spiritual) dan diklasifikasikan sebagai hallucinogens.

Benih dari morning glory kabarnya mampu menghasilkan efek yang sama kuatnya dengan LSD (lysergic acid diethylamide) ketika diambil dalam jumlah yang besar. LSD sendiri di banyak negara, termasuk Indonesia, dikategorikan sebagai zat psikotropika dan dilarang peredarannya. Tampaknya pemerintah Amerika yang menyadari bahaya penyalahgunaan tanaman kangkung tersebut memilih untuk melakukan tindakan pencegahan terlabih dahulu.

Kandungan Gizi dalam Kangkung

Kangkung mengandung zat seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi, Zat besi sangat penting untuk tubuh kita, peranannya dalam membentuk sel darah merah sangatlah vital. Lemas, pusing dan pandangan kabur adalah ciri awal anemia karena kekurangan zat besi. Pada kangkung terdapat 2,5 mg/100g, sehingga sangat baik untuk mengatasi anemia/kurang darah.

  • Nama Bahan Makanan : Kangkung
  • Nama Lain / Alternatif : -
  • Banyaknya Kangkung yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Bagian Kangkung yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 70 %
  • Jumlah Kandungan Energi Kangkung = 29 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Kangkung = 3 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Kangkung = 0,3 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Kangkung = 5,4 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Kangkung = 73 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Kangkung = 50 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Kangkung = 3 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Kangkung = 6300 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kangkung = 0,07 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Kangkung = 32 mg
  • Khasiat / Manfaat Kangkung : - (Belum Tersedia)
  • Huruf Awal Nama Bahan Makanan : K

Manfaat Kangkung

1. Mengurangi Haid Berlebihan
Jika darah haid Anda berlebihan, Anda bisa memanfaatkan kangkung untuk mengatasinya. Caranya: Ambil setengah kilogram daun Kangkung segar. Cuci bersih, lalu tumbuk halus. Tuangkan air setengah gelas, saring dan tuangkan satu sendok makan madu. Minum sekali sehari sekaligus. Haid akan jadi baik dan lancar.
2. Mencegah Penyakit Diabetes Melitus
Ekstrak kangkung dapat menghambat penyerapan kadar gula dalam darah. Perbanyaklah mengkonsumsi Kangkung, bila anda mengidap penyakit diabetes mellitus.

3. Kaya Vitamin C dan B kompleks
Secara umum, kandungan vitamin C pada kangkung lebih banyak dibanding kebanyakan sumber vitamin C pada buah-buahan. Oleh karena itu, kangkung baik untuk mencegah sariawan/gusi berdarah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tak mudah terkena serangan penyakit akibat virus, misalnya flu.
Kadar vitamin B Kompleks dan Omega 3 pada kangkung, ternyata juga cukup banyak. Keduanya merupakan peningkat produksi serotin dalam otak kita, sehingga bisa menciptakan suasana tenang melalui otak. Oleh karena itu, kangkung bisa dikatakan bisa menyegarkan kembali otak kita.

4. Mencegah Insomnia
Kangkung memiliki sifat sedatif, sehingga sering dikatakan sebagai penyebab ngantuk. Kangkung Juga berpotensi bisa mengendurkan saraf. Semakin kendur saraf-saraf kita, maka tidur pun akan semakin nyenyak dan lelap. Dengan kata lain kangkung dapat membantu mengatasi insomnia dan membantu untuk dapat tidur lebih pulas.

5. Menajamkan Penglihatan
Kangkung kaya akan vitamin A , sehingga Kangkung bisa menjaga kestabilan penglihatan mata. Vitamin A yang terdapat pada kangkung sebesar 6300 IU, sedikit lebih banyak dibanding bayam yang hanya 6100 IU. Hal tersebut dapat dilihat dari warna daunnya, semakin hijau daunnya maka kandungan betakarotin juga semakin tinggi.

6.Menghilangkan Ketombe
Manfaat kangkung juga dapat kit atemui sebagai obat yang dapat menghilangkan ketombe. Cara membuat ramuan ini yaitu: ambilah seikat daun Kangkung. Rendam daun ini semalaman hingga airnya berwarna kebiruan. Lalu, keramas dengan air rendaman. Lakukan setiap hari, niscaya ketombe akan hilang.

Sumber "http://www.kaskus.co.id/thread/5270cf43138b461927000000/ternyata-di-amerika-kangkung-adalah-tanaman-ilegal-kok-bisa/"


Kodokoala: Wawasan

0 Komentar untuk "Ternyata di Amerika Kangkung Adalah Tanaman Ilegal, kok Bisa?"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.