Inilah yang Dapat Anda Lakukan jika Anda Lupa dengan Nama Orang

Beberapa dari Anda pasti pernah menghadapi situasi dimana Anda lupa dengan nama seseorang bahkan orang yang mungkin baru saja Anda temui.

berkenalan

Untuk menanyakan namanya lagi tentu adalah hal yang tidak sopan atau bahkan memalukan. Tidak perlu takut jika Anda mudah lupa nama orang begini cara mengakalinya.

1. Minta Mereka Mendaftarkan Nomor Telepon Mereka Sendiri
Terkadang kita malu untuk menanyakan nama mereka kembali hingga waktu selesainya percakapan. Untuk baru menanyakan nama mereka Anda pasti sangatlah menyinggung lawan bicara Anda, jika begitu buka buku kontak di hp Anda dan minta mereka mengisinya sendiri. Biasanya secara otomatis mereka akan memasukkan nama dan nomor telepon mereka.

2. Tanyakan Email Mereka
Biasanya email seseorang akan memiliki unsur nama mereka khususnya dalam dunia profesional. Jadi ini cara yang cukup mudah untuk mendapatkan informasi yang Anda inginkan, ini juga menunjukkan bahwa Anda peduli dengan kontak mereka. Jikapun nama mereka tidak dicantumkan biasanya ada unsur-unsur yang dapat menjadi topik pembicaraan. Jadi tidak ada salahnya Anda mencoba cara ini.

3. Melihat Kartu Nama
Dalam dunia bisnis, kartu nama itu sangatlah sering diberikan begitu seseorang bertemu dengan lawan bicara mereka. Ini mungkin adalah cara tidak langsung yang paling mudah untuk dilakukan namun bagaimana jika Anda tidak mendapatkan kartu nama mereka? Jika begitu coba berikan kartu nama Anda karena biasanya jika orang yang Anda temui mempunyai kartu nama maka mereka akan melakukan hal yang sama.

4. Kreatif
Kita tahu cara paling cepat dan mudah adalah langsung menanyakan lagi nama lawan bicara Anda namun terkadang hal ini dapat membuat orang itu merasa tersinggung. Jika begini kasusnya maka kreatiflah saat Anda bertanya jangan langsung dengan terang-terangan mengakui Anda lupa nama orang yang baru Anda temui tersebut. Sebagai contoh Anda bisa menanyakan nama mereka namun begitu mereka menjawabnya Anda bisa beralasan bahwa yang Anda tanyakan adalah nama belakang, mungkin untuk ditaruh di kontak hp atau lainnya.

5. Memperkenalkan Seorang Teman
Hal pertama yang dapat dilakukan saat seseorang berkenalan tentu adalah memperkenalkan nama mereka sendiri. Kita dapat memanfaatkan hal ini dengan memperkenalkan seorang teman ke orang yang ingin Anda ingat kembali namanya, dan mereka sendirilah yang akan melakukan formalitas sebagaimana seseorang baru bertemu pertama kalinya. Kali ini pastikan Anda menyimak baik-baik begitu orang terkait memperkenalkan dirinya sendiri ke teman Anda. Sebelumnya pastikan teman yang Anda bawa ini juga belum pernah bertemu dengan orang itu.

6. Belajar Untuk Mulai Mengingat Nama
Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan yang sudah sangat sering Anda lakukan maka ada baiknya Anda mulai belajar untuk dapat mengingat nama orang yang baru Anda temui. Biasanya alasan utama mengapa seseorang lupa dengan nama orang yang baru ditemui adalah karena mereka tidak fokus, cobalah untuk lebih fokus daripada memperhatikan bahasa tubuh Anda sendiri. Cara kedua yang dapat Anda lakukan adalah mengulang nama lawan bicara Anda begitu mereka memperkenalkan diri, ini terbukti membantu Anda dapat mengingat nama lebih baik.

7. Jujur Saja
Cara terakhir serta tercepat adalah dengan berkata jujur dan menanyakan kembali nama lawan bicara Anda. Pada umumnya orang-orang akan mengerti bahwa untuk mengingat nama begitu baru bertemu tidaklah mudah dan suka terjadi, namun pastikan Anda cukup sopan dan minta maaf atas kesalahan tersebut.

Sumber "http://www.tahupedia.com/content/show/474/Inilah-Yang-Dapat-Anda-Lakukan-Jika-Anda-Lupa-Dengan-Nama-Orang"


Kodokoala: Wawasan

0 Komentar untuk "Inilah yang Dapat Anda Lakukan jika Anda Lupa dengan Nama Orang"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.