Wow, Denmark Pecahkan Rekor Kecepatan Internet 43Tbps!

Denmark telah memecahkan rekor internet tercepat di dunia dengan kecepatan 43Tbps atau 5300GBps! Ini sebuah kecepatan yang luar biasa. Jika dibandingkan dengan rata-rata koneksi internet di Indonesia, tentu saja bagai langit dan bumi. Seperti apa infrastruktur internet 43Tbps di Denmark ini? Simak ulasan berikut.

internet-denmark

Sebuah tim atau kelompok peneliti dari Technical University of Denmark (DTU) telah mempu menghasilkan kecepatan internet tercepat di dunia yang mencapai 43Tbps menggunakan teknologi yang disebut dengan multi-core fiber.

DTU telah melakukan penelitian terhadap teknologi serat fiber multi-core ini dalam waktu yang cukup lama agar dapat menghasilkan kecepatan internet yang tinggi. Kerja keras tim DTU ini membuahkan hasil yang luar biasa berupa internet dengan kecepatan 43Tbps yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Teknologi DTU ini menawarkan koneksi single-laser-single-fiber yang menggunakan pipa yang berukuran besar untuk membentuk infrastruktur koneksi yang besar. Sejauh ini, teknologi milik DTU ini baru sebatas eksperimen dan masih memerlukan waktu lama untuk dapat dicicipi oleh pengguna biasa.

Secara teoritis, koneksi internet kecepatan tinggi yang ditawarkan oleh teknologi baru dari DTU ini mampu mengunduh film full HD 1080p dengan ukuran 10GB hanya dengan sekejap mata. Dengan kecepatan internet 43Tbps ini tentu streaming YouTube tak akan menjadi masalah meski dilakukan dengan 100 tab secara bersamaan.

Kecepatan internet yang ditawarkan oleh DTU ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan koneksi lokal. Tentunya kecepatan internet 43Tbps ini tidak fair jika dibandingkan dengan rata-rata koneksi internet di Indonesia yang masih kepayahan untuk streaming video di YouTube.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (03/08/2014), sampai saat ini DTU terus mengembamngkan teknologi ini agar lebih murah dan dapat diimplementasikan di masa depan.

Sumber "http://sidomi.com/311193/denmark-pecahkan-rekor-kecepatan-internet-43tbps/"


Kodokoala: Teknologi dan Komputer

2 Komentar untuk "Wow, Denmark Pecahkan Rekor Kecepatan Internet 43Tbps!"

  1. wow 43TB
    ngarepin di indonesia speed uploadnya 1 TB aja udah seneng :D
    speed downloadnya 500mb/s atau lebih besar dari itu

    BalasHapus
  2. kalau seandainya itu barang sudah mulai dipamerkan atau dapat digunakan oleh khlayak umum, sepertinya hanya para orang berkelas ajayang sanggup untuk merealisasikannya...
    tidak mungkin itu barang dijual dengan harga ratusan ribu

    BalasHapus

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.