4 Tips Menolak Pernyataan Cinta Sahabat yang Tidak Anda Sukai

Rasa suka bisa tumbuh karena seringnya frekuensi bersama-sama. Maka tak heran banyak pula hubungan yang bermula dari sahabat, dan kemudian berakhir sebagai pasangan kekasih. Jika keduanya saling suka mungkin tidak ada masalah kedepannya.


Lantas, bagaimana jika si sahabat pria ternyata jatuh cinta pada Anda, namun tidak sebaliknya? Bagi Anda yang tengah mengalaminya juga, psikolog klinis dewasa, Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi, akan memberi beberapa pencerahan untuk Anda.

1. Tetap Sopan
Saat si dia menyatakan cinta, jangan pernah bersikap kasar padanya. Pastikan Anda mengeluarkan kata-kata yang sopan, tanpa menggunakan emosi. Bayangkan diri Anda ada diposisinya. Menyatakan cinta kepada sahabat sendiri pastinya butuh keberanian yang besar. Lagipula, tak ada yang mau ditolak mentah-mentah dengan ucapan kasar. Ingat, karma mungkin berlaku.

"Setiap orang berhak suka dan tidak menyukai seseorang, kalau Anda tidak suka paling yang bisa dilakukan menghargai perasaan sahabat. Akui saja dan berterima kasih dengan apa yang dia rasakan," kata Wulan

2. Jujur
Daripada memberi harapan palsu dengan berbaik-baik padanya, sebaiknya jujur tentang apa yang dirasakan. Katakan padanya alasan Anda tidak ingin menuju level yang serius dengan si dia. Dengan begitu, ia akan lebih mengapresiasi kejujuran Anda, dan lebih cepat move on.

"Sebaiknya sih jujur. Kalau takut untuk menyatakan perasaan, berarti lo takut menyakiti diri sendiri dan hanya mencintai diri sendiri. Seringkali kejadian bahwa dia menerima orangnya karena kasihan dan berpikir 'siapa tahu berhasil'," jelas Wulan kepada Wolipop di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, beberapa waktu yang lalu.

3. Katakan dengan Jelas
Jika si dia terus berusaha mendekati Anda dengan mengajak kencan dan lainnya, katakan secara jelas maksud Anda. Jangan menjauhinya atau hanya berkode, yang justru akan membuat ia terus penasaran dan mengejar Anda. Melainkan, jelaskan secara langsung bahwa Anda tidak suka dengannya dan tidak nyaman jika ia terus memaksakan perasaan seperti itu. Kejujuran seringkali tidak enak didengar, tapi masih lebih baik daripada menyakitinya di lain waktu. Jika Anda 'terpaksa' menerima sahabat karena tidak mau ia sakit hati sama saja Anda membuat perasaannya semakin terluka dengan berpura-pura menyukai si dia.

4. Abaikan
Kadang perjuangannya untuk mendekati Anda bisa sangat memaksa dan menjengkelkan. Ketika beberapa cara sebelumnya tidak membuat ia jera, Anda perlu menghindarinya. Jika ia bertanya pada Anda kenapa terus menghindar, katakan padanya bahwa Anda sudah mencoba semua cara halus, tapi ia tidak mau mengerti.

Sumber "http://sujanew.blogspot.com/2014/05/4-tips-menolak-pernyataan-cinta-sahabat.html"


Kodokoala: Cinta

0 Komentar untuk "4 Tips Menolak Pernyataan Cinta Sahabat yang Tidak Anda Sukai"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.