Protes, Ada Soal tentang Jokowi di Ujian Nasional

Nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi ternyata muncul dalam salah satu soal Ujian Nasional (UN) Bahasa Indonesia. Padahal, seharusnya dalam soal UN tersebut tidak boleh ada unsur politik.

soal-un-jokowi

Mendikbud M Nuh enggan berkomentar banyak saat dimintai tanggapan mengenai munculnya nama Jokowi dalam soal UN tersebut. Nuh mengatakan, pihaknya akan terlebih dahulu mengecek kebenaran hal itu.

“Kalau betul seperti itu ya menjadi catatan buat si pembuat soal. Oleh karena itu berikan waktu kita akan ngecek terlebih dahulu,” kata Nuh di Lapas Kelas IIA Anak Pria Tangerang, Jalan Daan Mogot No 29 C, Tangerang, Banten, seperti dikutip dari detik.com, Senin (14/4/2014).

Sementara itu, Kepala BSNP Badan Standar Nasional Pendidikan Edi Tri Baskoro mengatakan bahwa soal tentang politik praktis memang tidak diperkenankan. Namun, Edi pun mengaku dirinya belum melihat langsung soal tersebut.

“Seharusnya tidak boleh menjurus ke politik praktis,” ujar Edi.

Berikut kutipan isi dari soal UN Bahasa Indonesia yang berisi tentang Jokowi:

Ir H. Joko Widodo lahir di Surakarta 21 Juni 1961, merupakan alumnus UGM. Sejak 15 Oktober, Jokowi menjabat sebagai gubernur DKI. Tokoh yang jujur dan selalu bekerja keras ini dikenal dengan gaya blusukannya ke pelosok ibukota. Berbagai penghargaan telah beliau raih, antara lain ia termasuk salah satu tokoh terbaik dalam pengabdiannya kepada rakyat.

Sebagai tokoh seni dan budaya, beliau dinilai paling bersih dari korupsi. Namun demikian, usahanya di bidang upah minimum provinsi (UMP) mengalami kendala oleh tindakan buruh yang memanggil kembali perwakilannya saat sidang berlangsung. Buah dari pertemuan tersebut, dewan pengupahan menetakan upah Rp 2,2 juta.

Keteladanan Jokowi pada wacana di atas adalah…

a. alumni UGM yang cinta seni dan budaya
b. gemar blusukan ke pelosok wilayah
c. mengadakan pertemuan dengan dewan pengupahan
d. menjadi tokoh seniman terkemuka di DKI Jakarta
e. menerima berbagai penghargaan dan gelar

Saat dikonfirmasi mengenai kabar tersebut, Jokowi mengaku tidak tahu. “Nggak tahu saya. Nggak tahu, tanya yang buat. Siapa yang buat soal itu?” ujar Jokowi.

Benarkah Jokowi berkampanye di soal UN?

Sumber "http://ciricara.com/2014/04/14/ada-soal-tentang-jokowi-di-ujian-nasional/"


Kodokoala: Berita

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Protes, Ada Soal tentang Jokowi di Ujian Nasional"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.