Mengerikan! Sambaran Petir Saat Gunung Kelud Meletus

Letusan Gunung Kelud yang terjadi pada Kamis (13/2/2014) malam kemarin ternyata juga diiringi sambaran petir. Semburan abu vulkanik Gunung Kelud terliat berpadu dengan kilatan petir di sekelilingnya.

Fenomena munculnya kilatan petir itu pun membuat letusan Gunung Kelud terlihat menakjubkan, meski pun tetap berbahaya. Sejumlah warga yang menyaksikan fenomena langka ini langsung mengabadikannya dengan kamera.

Letusan Gunung Kelud ini pun mengakibatkan hujan abu vulkanik di sejumlah wilayah, bahkan sampai ke kota-kota yang berada di Jawa Tengah. Kendaraan-kendaraan yang terparkir di luar ruangan penuh dengan abu vulkanik gunung kelud. Seperti dijelaskan di Wikipedia, fenomena kilatan petir saat gunung meletus biasa disebut sebagai volcanic lighting atau dirty thunderstorm.

Hal ini memang sering terjadi jika aktivitas gunung berapi mulai meningkat hingga akhirnya memunculkan petir. Berikut foto-foto kilatan petir saat Gunung Kelud meletus, Kamis (13/2/2014) malam:

petir-gunung-kelud

petir-gunung-kelud

petir-gunung-kelud

petir-gunung-kelud

petir-gunung-kelud

petir-gunung-kelud
Abu vulkanik Gunung Kelud juga sampai di Malioboro, Yogyakarta.

Sumber "http://ciricara.com/2014/02/14/foto-sambaran-petir-saat-gunung-kelud-meletus/"


Kodokoala: Kejadian dan Peristiwa

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Mengerikan! Sambaran Petir Saat Gunung Kelud Meletus"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.