Ahli Perlindungan Data Jerman: Tinggalkan WhatsApp Segera!

Sebagai imbas dari proses akuisisi WhatsApp, salah satu aplikasi instant messaging populer, oleh Facebook, salah satu anggota komisi perlindungan data di Jerman menghimbau pengguna instant messaging itu untuk segera beralih ke aplikasi lain. Thilo Weichert, anggota komisi perlindungan data dari wilayah Schleswig-Holstein, Jerman menyebut bahwa akuisisi WhatsApp oleh Facebook bisa jadi berujung pada eksploitasi berbagai data pengguna instant messaging tersebut.

whatsapp

Weichert berpendapat, informasi yang diperoleh Facebook dari data-data pengguna WhatsApp bisa jadi suatu hari nanti akan digunakan oleh perusahaan tersebut untuk tujuan komersial. Misalnya, Facebook bisa mendorong iklan ke dalam WhatsApp dengan memanfaatkan data-data kunci yang diambil dari kebiasaan pengguna instant messaging tersebut. Hal itu tentunya akan memberikan dampak langsung bagi para pengguna WhatsApp.

Pihak Facebook sendiri dalam rilis resmi mereka terkait proses akuisisi WhatsApp menyatakan bahwa instant messaging tersebut akan tetap beroperasi sebagai unis bisnis independen. Mereka juga mengatakan tidak akan ada perubahan apapun terkait hal-hal yang berkaitan langsung dengan penguna aplikasi instant messaging tersebut. Walaupun begitu, tidak tertutup kemungkinan Facebook akan menyuntikkan beberapa fitur yang erat kaitannya dengan layanan media sosial ke dalam aplikasi instant messaging tersebut suatu hari nanti.

Sementara itu, bagi pihak komisi perlindungan data di Jerman, himbauan untuk meninggalkan WhatsApp tersebut mungkin saja muncul hanya karena kekesalan mereka terhadap Facebook. Mereka memang tengah berusaha memaksa Facebook untuk mentaati beberapa peraturan terkait perlindungan data yang dianggap dilanggar oleh raksasa media sosial tersebut. Sejauh ini, pihak Facebook belum memberikan reaksi mereka terhadap himbauan ini.

Sumber "http://www.jagatreview.com/2014/02/ahli-perlindungan-data-jerman-tinggalkan-whatsapp/"


Kodokoala: Teknologi dan Komputer

0 Komentar untuk "Ahli Perlindungan Data Jerman: Tinggalkan WhatsApp Segera!"

Poskan Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.