Inilah 5 Tanda Kamu Kurang Tidur

Tidur merupakan keadaan istirahat yang dibutuhkan setiap orang setelah beraktivitas seharian penuh. Seseorang harus membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk mengembalikan energi yang sudah hilang. Jika waktu tidur atau istirahat itu kurang, maka tubuh akan mengalami gangguan.

kurang-tidur

Gangguan-gangguan ini adalah tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh saat kamu kekurangan tidur. Untuk itu, perlu kamu mengetahui tanda-tanda tersebut agar waktu tidur kamu akan terpenuhi secara sempurna.

Nah, berikut ini dikutip dari palingseru.com adalah gejala-gejala yang dialami seseorang saat dirinya mengalami kurang tidur.

1. Sulit mengingat
Sebuah hasil peneliti menunjukan bahwa saat tidur, sel-sel saraf dalam tubuh dan otak akan tersambung. Ini akan mempengaruhi daya ingat yang baik seseorang. Jika kamu kurang tidur, maka kesempatan sel-sel saraf kamu untuk berhubungan dengan otak akan berkurang. Alhasil kamu akn susah untuk mengingat.

2. Sulit berkonsentrasi
Saat kamu kurang tidur kamu akan sangat sulit untuk berkonsentrasi. Namun, ini merupakan gejala yang umum untuk kamu yang kurang tidur. Untuk itu, mencukupi tidur kamu dapat mengembalikan konsentrasi kamu secara penuh.

3. Mata panda
Kurang tidur juga menyebabkan menghitamnya di sekitar area mata. Hal ini disebabkan karena aliran di sekitar mata tidak berjalan dengan lancar, dan pembuluh dara di sekitar mata pun dialiri oleh banyak dara kotor.

4. Terus merasa lapar
Kurang tidur juga menyebabkan kadar gula darah menurun, dan akan sedikit memproduksi hormon penekan nafsu makan (leptin). Oleh karena itu, saat kamu kurang tidur kamu akan sering merasa lapar dan akan membuat kamu sering ngemil saat merasa lapar.

5. Terlalu banyak tidur di akhir pekan
Saat kamu kekurangan tidur, kamu akan selalu merasa ngantuk. Nah, untuk mengatasi masalah kantuk ini kamu akan menggunakan waktu libur kamu untuk tidur sepuasnya, bahkan di siang hari pun kamu gunakan untuk tidur sepuasnya.Namun, ketika kamu bangun, tubuh kamu bukan semakin segar, tapi malah akan terasa semakin lemas karena kebanyakan tidur. Oleh karena itu, atur lah waktu tidur kamu sebaik mungkin setiap harinya.

Sumber "http://terselubung.in/gaya-hidup/5-tanda-kamu-kurang-tidur.html"


Kodokoala: Gaya Hidup dan Kesehatan

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Inilah 5 Tanda Kamu Kurang Tidur"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.