Awas! Bahaya Memakai Sepatu Sempit, ini Akibatnya

Sejalan meningkatnya sistem belanja online, timbul keinginan besar untuk membeli, menyimpan, dan memakai sepatu yang terlihat modis, tetapi mungkin tidak benar-benar cocok.

Akibatnya, banyak orang mengenakan sepatu yang tidak sesuai dengan bentuk dan ukuran kakiPerempuan khususnya lebih cenderung membeli sepatu yang terlalu kecil sehingga menyebabkan resiko timbulnya kapalan, penonjolan tulang, dan kecacatan lain yang membutuhkan tindan operasi.

Bunion
bunion

Bunion adalah pembesaran/penonjolan tulang di pangkal jempol kaki. Sejalan dengan pertumbuhan bunion, ibu jari bergeser menuju jari kedua dan timbul pembengkakan serta nyeri saat mengenakan sepatu

Meskipun faktor genetik mungkin berperan, tetapi dalam banyak kasus, bunion sangat terkait dengan penggunaan sepatu yang terlalu sempit

Perawatan tanpa operasi dengan menggunakan sepatu dengan bagian depan yang lebar, mengenakan spacer antara kaki Anda besar dan kedua, dan / atau mengompres es ke kaki Anda. Jika langkah-langkah perawatan tersebut tidak efektif, mungkin dibutuhkan tindakan operasi untuk menghilangkan tonjolan tulang tersebut.

PENEBALAN KULIT (KAPALAN):

Kapalan adalah penebalan kulit yang terjadi akibat penekanan terus menerus pada kulit. Perawatan sederhana dengan menggunakan pelindung busa pada kapalan sehingga mengurangi tekanan Selain itu, perlu memakai sepatu yang pas.

JARI PALU (HAMMER TOE):
jari-palu-hammer-toe

Jari palu terjadi ketika jari kaki terjepit sepatu yang sempit sehingga tidak dapat lurus.Persendian jari menekuk dan jika Anda mengenakan sepatu ketat, maka jari tersebut akan tergesek pada permukaan dalam sepatu dan menimbulkan nyeri dan lama kelamaan dapat tumbuh kapalan Selain itu, otot-otot jari kalo akan melemah jika kaki tetap dalam posisi abnormal.

Pengobatan sederhana dengan mengenakan sepatu dengan bagian depan lebar, splint kaki dan kompres es. Jika cara tersebut tidak berhasil, maka operasi adalah pilihan untuk memperbaiki kecacatan.

JARI BERSILANGAN:
jari-bersilangan

Jari bersilangan terjadi akibat jari-jari berdesakan dalam sepatu yang sempit. Dan akibat penekanan terus menerus, jari kedua dan ketiga bergeser ke atas ibu jari kaki. Perawatan sederhana dengan mengenakan sepatu dengan bagian depan yang lebar, mengenakan spacer untuk menjaga jarak antara jari dan mengompres dengan es. Jika cara ini gagal, operasi mungkin menjadi pilihan.

Kelainan Arah Pertumbuhan Kuku Jari (Ingrown Toenail):
Kelainan kuku jari yang dapat terjadi berupa pertumbuhan kuku kearah dalam. Kelainan arah pertumbuhan kuku ini sering terjadi akibat memotong kuku terlalu pendek terutama dibagian tepi jari.Sebuah kuku tumbuh ke dalam biasanya terjadi di jempol kaki saat kuku dipotong pendek dekat ujung jari kaki.

Cedera ini diperburuk dengan menggunakan sepatu yang terlalu sempit sehingga ibu jari tertekan oleh jari kedua dan menimbulkan peradangan dan nyeri.

Perawatan sederhana dengan mengenakan sepatu dengan bagian depan lebar dan merendam kaki tiga sampai empat kali sehari dengan air hangat. Hindari memotong kuku dibagian sudut jari terlalu pendek

KAKIS DIABETES:
Orang dengan diabetes sering menderita kerusakan saraf (neuropati perifer) di kaki sehingga tidak dapat merasakan nyeri baik akibat iritasi bahkan tusukan. Jika sepatu terlalu ketat, dapat menyebabkan kulit melepuh ataupun luka yang dapat dengan cepat terinfeksi

Jika Anda penderita diabetes, periksa kaki Anda setiap hari. Apakah ada kemerahan, lecet, luka, goresan, ataupun masalah kuku.

Sumber "http://www.menjelma.com/2013/11/hati-hati-gan-jangan-sering-memakai.html"


Kodokoala: Gaya Hidup dan Kesehatan

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Awas! Bahaya Memakai Sepatu Sempit, ini Akibatnya"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.