Perlukah Menyalakan Lampu Motor di Siang Hari?

Perlukah menyalakan lampu motor di siang hari? Pertanyaan ini menjadi salah satu perbincangan thread di Kaskus dan diulas oleh salah satu Kaskuser. Berikut kutipannya.


1. Boros energy, lampu kendaraan itu di ciptakan untuk malam hari bukan siang hari; Bohlam lampu depan + blakang menyala terus akibatnya accu / battery cepet soak umur nya tdk spt biasanya --> ada yg mau ganti ga ya yg buat peraturan ini ? bohlamp putus / accu soak ada yg mau ganti'in free/gratis gtu?

Macet di jkt buang2 bensin berapa liter? sekarang ditambah boros beli accu + bohlamp , memang Indonesia punya cadangan timah berlimpah? denger2 dr penjual accu / aki cadangan timah habisnya tinggal menunngu waktu ..(mohon di koreksi jk salah)

Berapa jumlah motor di Indonesia puluhan juta ? ratusan juta ? mungkin 50% rakyat Indonesia punya motor (tlg yg punya datanya di revisi ane cuma itung kasar alias kira2 aj), trus hitung aj deh berapa timah yang terbuang percuma , ane mah pegel

2. Jika hanya lampu motor yang nyala kenapa mobil tidak? mang yg tabrakan hanya motor dgn motor ? jika tnyt mobil di haruskan nyala juga " MARILAH KITA MEMBOROSKAN ENERGY LAGI BERSAMA SAMA "

3. Apa mata pengendara motor rabun di siang hari? Matahari kurang terang? pake nyalakan lampu di siang hari? kalu mau apes / tabrakan ya tabrakan aja. Contoh :
  • Ngebut tanpa rasio.
  • Ugal ugalan di jalan.
  • Nyelonong di lampu merah.
  • Rem blong.
  • Nyalip di tikungan.

TABRAKAN DI JALAN KRN TDK NYALAKAN LAMPU DI SIANG HARI ?--->KORELASI NYA di mana ? logika nya masuk ga ? penelitian di luar negeri yg punya 4 musim ?
malam haripun yg pake lampu tabrakan juga

4. Bagi yang naik mobil membantu liat dari SPION? mang kalu mobil mau belok kanan / kiri supir ga liat spion dulu ? penglihatan kurang ? ya ke DOKTER MATA lah , jelas2 kita bisa liat motor tsb dari spion mobil yg di tengah atau kanan kiri .. ga perlu si pengendara motor nyalakan lampu kan ... kecuali menjelang magrib , mendung gelap , hujan deras di mana kondisi nya memerlukan lampu di nyalakan

5. Bisa dipahami pihak yang berwajib concern kpd angka jumlah kecelakaan di jalan tetapi seyogya nya peraturan ini tidak membebani rakyat mengeluarkan biaya utk accu + bohlamp / boros energy yg sekarang gencar2 nya menggalakkan bumi yg hijau GO GREEN dan mengantisipasi pemanasan global

6. Coba di liat dan dipelajari data kecelakaan terbanyak disebabkan oleh apa? jam berapa ? lokasi terbanyak di mana diperempatan jalan atau dimana ? kan bisa di pelajari

Sebagian besar motor yg tabrakan. Ya, sudah jelas dung jumlah motor lebih banyak dari pd mobil , semakin hari jumlah motor juga semakin banyak. Tapi, apa karena lampu motor tidak di nyalakan di siang hari?

Tapi Ternyata, Menyalakan Lampu Motor di Siang Hari Sangat Berguna!

Semua jelas ada pro dan kontranya. Tapi menyalakan lampu motor di siang hari sangat berguna bagi pengendara mobil dan motor di jalan, demi keselamatan. Berikut ulsannya yang Kodokoala kutip dari dapurpacu:

Menyalakan lampu saat berkendara di siang hari wajib dilakukan setiap pengendara sepeda motor. Pasalnya banyak keuntungan yang akan diperoleh pengendara ketimbang kerugiaannya, salah satunya keselamatan di jalan raya.

Di beberapa jalan Ibu kota, masih banyak pengendara sepeda motor yang enggan menyalakan lampu di siang hari. Kesadaran mereka untuk melakukan hal sepele ini terlihat masih kurang, meski aturan tentang ini telah diatur dalam UU Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009.

Pasal 293 ayat (2) menyatakan setiap pengendara sepeda motor di jalan raya dan bergerak tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100 ribu.

Jusri Pulubuhu, Chief Instructor Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, sudah menjadi hal umum yang ada dibenak banyak orang ketika peraturan tersebut diberlakukan.

Coba lakukan simulasi sederhana dengan menengok kaca spion, tempatkan dua kendaraan bermotor di belakang Anda, di mana salah satunya dimatikan lampunya sementara satunya dinyalakan lampunya. Maka, ketika mata Anda memandang ke banyak objek yang ada di jalan, fokus mata akan mudah tertuju kepada objek-objek yang memiliki sinar daripada tidak.

lampu-motor-di-siang-hari

Menyalakan lampu sepeda motor pada siang hari saat berada di jalan raya akan sangat efektif bagi para pengguna jalan, sehingga mereka akan mudah mendeteksi keberadaan objek yang bergerak lalu lalang. Karena alasan keselamatan maka penggunaan lampu pada siang hari adalah bagian strategi antisipasi sebuah kecelakaan yang tidak diinginkan.

Dengan pertimbangan tersebut di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia dan Jepang, lampu besar kendaraan bermotor (sepeda motor, mobil, bus dan truck) secara otomatis menyala ketika kunci “on” dan mesin belum dihidupkan.

Bagaimana dengan umur bohlam yang ada di kendaraan? Jika kita selalu mengedepankan aspek keselamatan tentunya tidak akan terlalu mempermasalahkan nyala lampu. Dari sisi teknologi, kini, sepeda motor sudah mampu mengatasi kendala nyala lampu yang dikhawatirkan akan menurunkan umur bohlam atau bahkan umur mika lampu akibat panas yang timbul.

Menyalakan lampu bukan sekedar hanya untuk mematuhi peraturan lalu lintas semata, melainkan menjadi salah satu faktor keselamatan yang wajib dilakukan bagi semua pengendara sepeda motor.
“Bagaimanapun keselamatan jauh lebih mahal dari harga sebuah bohlam lampu.” tegas Jusri.

Sumber "http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008973783/yg-naik-motor-quotperlu-ga-nyalakan-lampu-motor--siang-hariquot/"


Kodokoala: Berita

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Perlukah Menyalakan Lampu Motor di Siang Hari?"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.