9 Macam Bentuk Kuku untuk Mengetahui Penyakit

Para wanita pasti sangat memperhatikan kecantikan kukunya, mereka senang merapihkan bentuk kuku dan mengecatnya agar kelihatan cantik. Tetapi kita juga sebaiknya menjaga kondisi kuku yang sebenarnya. Bentuk dan warna kuku dapat memberitahu kondisi kesehatan kita. Dibawah ini adalah beberapa bentuk dan warna kuku yang tidak normal.

1. Kuku Pucat
kuku-pucat

Jika kuku anda berwarna pucat di bagian pangkalnya, ini menandakan anda terkena anemia. Mungkin ada penyakit yang berhubungan dengan kekurangan sel darah merah. Dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, atau daging merah.

Kemungkinan paling buruk adalah anda terkena penyakit diabetes atau gangguan pada hati anda. Anda sebaiknya menghindari asupan gula atau karbohidrat yang berlebih. Kemudian segeralah mencari dokter untuk memeriksakan tubuh anda.

2. Kuku yang Menebal
kuku-tebal

Kuku menebal biasanya menandakan adanya penyakit jantung atau paru-paru. Karena berhubungan dengan jantung atau paru-paru, biasanya orang dengan kuku seperti ini memiliki kadar oksigen rendah. Kuku yang menebal juga kadang-kadang berwarna kekuningan.

3. Kuku Kuning
kuku-kuning

Kuku berwarna kuning menandakan adanya penyakit diabetes. Warna kuning ini terbentuk karena glukosa yang bertemu dengan protein kolagen yang ada didalam kuku. Warna kuning juga dapat menandakan kuku terinfeksi oleh jamur, yang biasanya akan menyebar sampai ke pangkal kuku. Kemungkinan lainnya adalah penyakit pada paru-paru.

4. Kuku Berlubang
kuku-berlubang

Kuku seperti ini memiliki lubang-lubang atau pecahan kecil di permukaannya. Kemungkinan besar ada penyakit psoriasis. Ada juga kemungkinan penyakit radang yang menyebabkan bercak-bercak merah disekitar tubuh.

5. Kuku Bergaris Hitam
kuku-bergaris-hitam

Kuku seperti ini memiliki garis hitam atau coklat dari ujung sampai ke pangkalnya. Kelainan ini merupakan tanda-tanda kanker kulit mematikan yang bernama melanoma, sebaiknya sesegera mungkin mencari dokter untuk mengobatinya. Penyakit melanoma diketahui menyebar dengan sangat cepat.

6. Kuku Sendok
kuku-sendok

Kuku sendok dinamakan koilonychia. Bentuk yang tidak normal ini menandakan pertumbuhan kuku yang tidak baik, tetapi tidak membahayakan. Biasanya ini disebabkan oleh anemia sehingga kuku kekurangan zat besi. Kemungkinan terburuk adalah penyakit jantung atau paru-paru, bahkan bisa saja adanya kanker.

7. Kuku Tipis
kuku-tipis

Kuku tipis biasanya gampang retak dan terlepas dari kulit yang ada dibawah kuku. Kuku ini sangat lambat pertumbuhannya. Kuku seperti ini menandakan kelenjar gondok tidak beres, dan beberapa orang akan mengalami rambut rontok.

8. Kuku Bergaris Putih
kuku-bergaris-putih

Kuku seperti ini terlihat memiliki garis putih dan merah secara bergantian. Warna seperti ini merupakan indikator adanya penyakit ginjal atau hati yang tidak normal. Ini juga menandakan adanya kekurangan protein dan nutrisi lainnya.

9. Kuku Biru
kuku-biru

Kuku berwarna biru jelas-jelas menandakan sirkulasi darah tidak lancar. Warna biru dikarenakan oksigen tidak mencapai ujung jari-jari. Biasanya ini disebabkan penyakit pernafasan atau pembuluh darah. Ada sebagian orang memiliki sirkulasi darah yang lambat jika berada di tempat bersuhu rendah.

Sumber "http://akalgue.blogspot.com/2013/09/9-macam-bentuk-kuku-untuk-mengetahui.html"


Kodokoala: Gaya Hidup dan Kesehatan

0 Komentar untuk "9 Macam Bentuk Kuku untuk Mengetahui Penyakit"

Poskan Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.