3 Cara Mudah Mengatasi Asam Lambung

Dalam kondisi normal, asam lambung berfungsi untuk mencerna makanan menjadi sari-sari agar dapat diserap oleh darah selain itu asam lambung juga berfungsi untuk membunuh kuman-kuman penyakit yang ikut masuk bersama makanan. Tapi jika asam lambung berlebihan makan akan menyebabkan perih dan kembung.

sakit-perut

Terkadang untuk meredakan nyeri yang diakibatkan naiknya asam lambung kita biasa mengkonsumsi obat-obatan, tapi perlu di ingat dengan cara ini lama-kelamaan tentu tidak bagus juga bagi tubuh kita. Namun jika anda ingin mengatasi naiknya asam lambung tanpa menggunakan obat-obatan ada baiknya anda membaca tips berikut ini.

Cara Mengatasi Asam Lambung Tanpa Obat


Baking Soda
Untuk mengatasi asam lambung bisa anda lakukan dengan menggunakan baking soda. Hal ini dikarenakan sifat basa dari baking soda dapat menetralisirkan asam lambung. Namun jangan terlalu sering menggunakan cara ini karena baking soda mengandung garam yang dapat memberikan efek mual.

Caranya:
1. Siapkan 2 sendok teh baking soda.
2. Campurlah dengan segelas air kemudian diaduk sampai tercampur rata.
3. Minumlah air baking soda tersebut untuk mengatasi asam lambung yang anda alami.

Lidah buaya
Lidah buaya juga bisa anda gunakan untuk mengatasi asam lambung. Namun bagi ibu hamil tidak disarankan menggunakan cara ini karena dapat mengganggu perkembangan janin. Efek samping dari mengkonsumsi jus lidah buaya ini adalah akan menambah frekuensi buang air besar.

Caranya:
1. Siapkanlah beberapa lembar daun lidah buaya.
2. Kupaslah kulitnya kemudian cuci untuk menghilangkan rasa pahitnya.
3. Kemudian buatlah jus lidah buaya.
4. Tambahkan madu agar lebih berasa manis.

Mengunyah Permen Karet
Mengatasi asam lambung bisa anda lakukan dengan mengunyah permen karet. Dengan mengunyah permen karet akan merangsang dan meningkatkan produksi air liur. Dengan meningkatnya produksi air liur maka asam lambung yang berada di lambung akan tercuci bersih dengan cepat dan menjadi netral kembali.

Caranya:
1. Siapkanlah permen karet yang anda sukai.
2. Kunyahlah permen karet tersebut selama 30 menit.

Sumber "http://akalgue.blogspot.com/2013/09/3-cara-mudah-mengatasi-asam-lambung.html"


Kodokoala: Gaya Hidup dan Kesehatan

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "3 Cara Mudah Mengatasi Asam Lambung"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.