Detik-Detik Kelahiran Bintang di Ruang Angkasa

Para astronom berhasil menangkap sebuah gambar yang sangat menakjubkan dari kelahiran sebuah bintang di ruang angkasa. Pengambilan gambar itu menggunakan teleskop ALMA (Atacama Large Millimeter/submillimeter Array).

teleskop-alma

National Monitor melansir, Minggu 25 Agustus 2013, pengamatan astronom berawal ketika mengamati sebuah cahaya yang berasal dari molekul karbon monoksida pada objek yang diberi nama Herbig Haro 46/47.

Seperti diketahui, bintang muda adalah objek yang memiliki molekul-molekul tingkat destruktif yang sangat tinggi. Ketika molekul itu bertemu dengan gas, akan menyebabkan ledakan, kehancuran, dan menghasilkan sebuah objek baru, yaitu Herbig Haro.

Menurut Hector Arce, peneliti utama dari Yale University, Amerika Serikat, Herbig Haro 46/47 terletak sekitar 1.400 tahun cahaya dari Bumi, di konstelasi selatan Vela. Saat ini, objek itu sedang menjadi fokus penelitian dari teleskop ALMA.

"Foto-foto ini menunjukkan detail dari pertemuan antara molekul dan gas dalam setiap menit. Salah satu gas berwarna merah muda dan ungu bergerak ke arah Bumi. Gas lainnya berwarna oranye dan hijau ke arah sebaliknya," kata Arce.

Dia menambahkan, gas-gas itu hampir tidak terlihat pada foto-foto, karena bersembunyi di balik awan debu yang mengelilingi bayi bintang.

"Teleskop ALMA tidak hanya mendapatkan gambar yang sangat jelas dari instrumen terbentuknya bintang muda, tapi juga mampu memaparkan data seberapa cepat gas bercahaya itu melakukan perjalanan di ruang angkasa," jelas Arce.

Berikut foto-fotonya:

bintang

bintang

bintang

bintang

bintang

Seperti dilansir laman Los Angeles Times, gas bercahaya pembentuk bintang muda itu memiliki kecepatan hingga 621.000 mil per jam, atau setara satu juta kilometer per jam.

Arce mengatakan, teleskop ALMA memiliki sensitivitas yang luar biasa, menakjubkan dalam mendeteksi aliran-aliran molekul di ruang angkasa.

Di masa depan, teleskop ALMA diharapkan bisa membantu para astronom menemukan komponen-komponen lain yang ada di ruang angkasa, yang belum pernah dijamah manusia sebelumnya.

Sumber "http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/439019-foto--detik-detik-kelahiran-bintang"


Kodokoala: Sains

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

1 Komentar untuk "Detik-Detik Kelahiran Bintang di Ruang Angkasa"

  1. Sedikit sulit memahami mas untuk gejala gimana lahirnya detik-detik kelahiran bintang diruang angkasa ini.

    BalasHapus

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.