Pakar Kandungan: Ibu Hamil Aman Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan aman bagi ibu hamil selama berat badan ibu dalam keadaan stabil dan tidak terjadi gangguan fisik, demikian disampaikan pakar Kebidanan dan Kandungan dr Taufik Jamaan SpOG.

Ibu Hamil Puasa

"Selama tidak ada masalah bagi ibu dan bayi, artinya berat badannya masih baik, kondisi fisiknya bagus dan tidak memaksakan diri, puasa aman bagi ibu hamil," ujar Taufiq Jamaan di Jakarta, baru-baru ini.

Taufik mengatakan, selama kehamilan tubuh ibu mengalami berbagai macam adaptasi dalam rangka menyesuaikan diri dengan kondisi kehamilannya, dan mempersiapkan diri pada saat persalinan.

Perubahan tersebut meliputi pertambahan berat badan, metabolisme air, metabolisme protein, metabolisme karbohidrat, kondisi "kelaparan terakselerasi" dan metabolisme lemak.

"Berbagai fungsi organ ibu hamil juga mengalami perubahan selama kehamilan, baik sistem jantung dan pembuluh darah, pencernaan, pernafasan dan sistem organ yang lain," paparnya.

Dengan kondisi demikian, Taufik mengemukakan, banyak sekali penelitian yang telah dilakukan tentang pengaruh puasa dalam kehamilan.

Taufik mengatakan, sebuah penelitian Alwasel dari Universitas King Saud Arab Saudi pada 2010 tentang perubahan plasenta pada ibu hamil menunjukkan terjadi penurunan berat plasenta ibu hamil yang sedang berpuasa pada trimester kedua dan ketiga masa kehamilan.

Namun, lanjut Taufik, hal tersebut tidak memengaruhi berat lahir bayi dan kondisi kesehatan bayi secara umum, karena kondisi tersebut berbeda dengan perubahan plasenta dari ibu yang menderita penyakit kronis.

Sementara itu, penelitian di Yaman menunjukkan sekitar 90,3 persen dari 2.561 pasien hamil yang menunaikan puasa Ramadhan memperlihatkan tidak terdapat hubungan antara penurunan berat badan ibu maupun janin akibat puasa.

"Dari berbagai penelitian yang ada jelas bahwa puasa Ramadhan tidak berbahaya bagi ibu hamil. Tetapi perlu diperhatikan kondisi kehamilan itu sendiri," ungkap Taufik.

Menurut dia, ibu hamil yang sedang berpuasa sebaiknya minum air putih dua liter sehari, mengonsumsi makanan bergizi dengan kombinasi sayur dan buah, serta minum vitamin dan susu pada saat sahur dan berbuka puasa.

Namun, Taufik menambahkan, bila terjadi permasalahan terhadap kehamilan sejak awal misalnya, seperti mual, pusing dan muntah pada trimester awal atau terdapat komplikasi penyakit kronis sebelum kehamilan, hal ini akan membahayakan ibu dan janin bila menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

Sumber "http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,2-id,45634-lang,id-c,daerah-t,Pakar++Puasa+Ramadhan+Aman+bagi+Ibu+Hamil-.phpx"


Kodokoala: Gaya Hidup dan Kesehatan

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Pakar Kandungan: Ibu Hamil Aman Puasa Ramadhan"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.