5 Fakta tentang Vagina

Vagina merupakan alat kelamin yang menjadi pembeda paling khas antara laki-laki dan perempuan. Organ tubuh ini menghubungkan rahim (uterus) dan leher rahim ke luar tubuh. Vagina juga menyimpan fakta mencengangkan yang perlu Anda tahu. Apa saja?

Vagina

Dikutip dari Oddee, Kamis (21/3/2013), berikut ini beberapa fakta mencengangkan tentang vagina:

1. 8.000 Ujung Saraf di Klitoris
Klitoris adalah salah satu bagian dari vagina yang begitu 'terkenal'. Karena bagi banyak perempuan, klitoris menjadi salah satu titik kesenangan saat berhubungan seks.

Klitoris adalah seperti daging kecil di sekitar mulut vagina yang berisi banyak pembuluh darah dan saraf. Di sana rupanya ada 8.000 ujung saraf. Tak heran klitoris merupakan bagian yang paling peka.

Bandingkan dengan ujung penis yang hanya memiliki 3.500 ujung saraf. Namun jika yang dilihat adalah keseluruhan penis, termasuk bagian kulupnya, maka penislah 'pemenangnya' karena memiliki 24.000 saraf.

2. Vagina 'Mirip' Hiu
Vagina memiliki kemiripan dengan hiu. Hal ini karena keduanya memiliki senyawa yang disebut skualan. Skualan ditemukan di dalam organ dalam hiu dan di vagina perempuan, berfungsi sebagai pelumas. Ketika seorang perempuan terangsang, skualan bekerja sehingga vagina akan lebih licin dan labia membengkak. Kondisi ini penting untuk mempersiapkan diri menyambut penis sebagai bagian proses reproduksi.

3. Vagina Bisa Membesar Hingga 200%
Tidak ada ukuran standar vagina perempuan. Namun rata-rata perempuan memiliki vagina dengan lebar 7,6 cm dan kedalaman 8,8 cm. Dari ukuran tersebut, vagina bisa membesar hingga 200 persen pada saat terangsang dan kembali lagi ke ukuran semula.

Tetapi ada faktor-faktor yang bisa menyebabkan vagina 'melorot' sehingga kehilangan elastisitasnya. Hal ini dikarenakan usia, berat badan, dan kebiasaan merokok. Namun seiring perkembangan teknologi, kondisi ini bisa diperbaiki.

4. Senam Vagina
Mungkin Anda sudah tahu vagina bisa senam. Adalah Arnold Kegel yang mengenalkan latihan ini pada 1948. Latihan dasar pangggul ini kemudian disebut Kegel, sesuai dengan nama penciptanya.

Latihan kegel dilakukan di untuk memperkuat otot-otot pubococcygeus. Sebenarnya latihan ini dasarnya adalah untuk memudahkan perempuan saat melahirkan, memenangkis infeksi saluran kencing, dan meningkatkan kenikmatan orgasmik.

Cara melakukan senam ini adalah dengan mengosongkan kandung kemih, lalu kontraksikan otot yang digunakan untuk menghentikan aliran kencing. Lalu tarik otot ke dalam dan pertahankan sampai hitungan ketiga. Rilekskan sampai hitungan ketiga, dan teruslah ulangi sampai beberapa kali. Latihan ini perlu dilakukan minimal tiga kali sehari dengan posisi berdiri, berbaring, atau duduk.

Tak hanya peremouan, laki-laki pun bisa melakukannya. Senam kegel bagi laki-laki bahkan bisa membantu mencegah ejakulasi dini serta memperkuat ereksi lho.

5. Fungsi Rambut Kemaluan
Di sekitar vagina dewasa tumbuh rambut kemaluan. Tidak banyak diketahui apa fungsi dari rambut kemaluan pada manusia. Sebab manusialah satu-satunya spesies di Bumi yang memiliki rambut kemaluan.

Namun ditengarai rambut kemaluan ini merupakan perangkap feromon, semacam bau yang dikeluarkan selama ada gairah seksual. Namun ada juga teori yang mengatakan bahwa rambut kemaluan membantu pelumasan dengan pasangan saat hubungan seks berlangsung.

Ada pula yang berpendapat bahwa rambut kemaluan berfungsi untuk membantu menjaga alat kelamin tetap hangat selama zaman prasejarah. Apapun sebenarnya fungsi rambut kelamin itu, namun ada beberapa perempuan yang gemar menggunduli area vaginanya. Tren ini muncul pada tahun 90-an, dan mulai masif tahun 2000-an.

Ada orang yang merasa jijik jika area di bawah sana gondrong sehingga harus membabat habis rambut kemaluan yang ada. Namun ada juga yang merasa seksi dengan rambut kemaluannya itu, sehingga enggan bercukur. Jadi mau bercukur atau tidak, terserah Anda saja.

Sumber "http://rac-cuttingsticker.blogspot.com/2013/03/5-fakta-tentang-vagina.html"


Kodokoala: Gaya Hidup dan Kesehatan

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "5 Fakta tentang Vagina"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.