pasang-iklan
cpns.biosanjaya.com

Neil Armstrong Tidak Pernah Mendarat di Bulan?

Neil Armstrong di Bulan

Meninggalnya Neil Armstrong tidak hanya membuat gosip dirinya masuk Islam kembali menyeruak. Ada satu pertanyaan lagu yang mulai menggejala sejak dekade 2000-an. Apakah Neil Armstrong tidak pernah mendarat ke bulan? Apakah misi Apollo hanyalah rekayasa Amerika Serikat untuk mengelabui dunia?

2 Juli 1969, untuk pertama kalinya manusia mampu menjejakkan kaki di ruang angkasa. Misi besar yang dikenang sejarah sebagai terobosan terbesar. Banyak spekulasi muncul seputar keberhasilan misi Apollo 11 kala itu. Mulai dari kemungkinan Neil Armstrong dan Buzz Aldrin bertemu alien, masuk Islamnya Armstrong, hingga yang terbaru adalah, dugaan bahwa misi Apollo, pendaratan manusia di bulan, sebenarnya tidak pernah ada. Ini hanyalah propaganda Amerika Serikat untuk mengungguli pesaingnya sepanjang Perang Dingin, Uni Sovyet, dalam upaya siapa yang lebih dahulu menaklukkan ruang angkasa. Benarkah?

Isu ini membesar pada dekade 2000-an, terutama setelah Fox menampilkan ulasan “Conspiracy Theory: Did We Land on the Moon?”


Neil Armstrong di Bulan
Jauh-jauh hari sebelum Fox menayangkan program di atas, pada tahun 1974 –hanya selang lima tahun setelah keberhasilan Neil Armstrong dan dua tahun setelah misi penerbangan Apollo selesai—, seorang penulis bernama Bill Kaysing menulis buku ‘We Never Went to the Moon: America’s Thirty Billion Dollar Swindle’; yang menegasikan bahwa Amerika Serikat memang benar-benar sukses mendaratkan astronot di bulan.

Bertahun-tahun kemudian, muncul pria bernama Ralph Rene, pada 16 Mei 1990, yang setelah semingguan lebih menghabiskan waktu menonton video pendaratan manusia di bulan, bertanya: bagaimana mungkin bendera Amerika Serikat yang ditancapkan; bisa berkibar?

Sementara, janda Stanley Kubrick, salah satu sutradara di Amerika, mengaku bahwa sang suamilah yang mengatur jalannya film pendaratan di bulan. Opini-opini ini terus menggumpal dan menjadi langkah penting bagi penggemar teori konspirasi untuk mencari kesalahan demi kesalahan yang mungkin terjadi sepanjang misi pendaratan manusia ke bulan. Di antaranya:


Jejak Buzz Aldrin Di bulan
Jejak Buzz Aldrin di bulan yang terlihat begitu nyata. Semestinya dengan gravitasi yang lebih ringan dari bumi, seseorang tidak akan mampu menciptakan jejak sedemikian rupa. Tidak adanya bintang yang tertangkap dalam foto-foto pendaratan di bulan .

Arah bayangan para astronot terlihat tidak seragam. Asumsinya, ini menunjukkan bahwa ada banyak sumber cahaya. Mengingat di luar angkasa cuma ada satu sumber cahaya (mahatari), ada ide bahwa bayangan dengan arah berbeda ini tercipta karena foto-foto ini diciptakan di studio.

Namun, jawaban untuk pertanyaan di atas, tetap ada.


Permukaan Bulan Tanpa Bintang

Permukaan Bulan Tanpa Bintang
Jejak Buzz Aldrin terlihat sedemikian rupa karena ia menjejakkan kaki di tanah bulan yang bagaikan debu vulkanik. Dan, jejak tersebut bisa bertahan lama karena kevakuman udara di bulan.

Para astronot mengeset kamera dengan eksposure pendek. Terangnya permukaan bulanlah yang menyebabkan set kamera harus seperti itu. Dengan cara ini, permukaan bulan akan tertangkap kamera dengan sempurna sedangkan objek-objek jauh tidak demikian. 

Sumber cahaya memang hanya matahari. Namun jangan lupakan bahwa cahaya matahari yang terpantul dari bumi, sampai ke bulan. Ada pula pantulan cahaya mahatari dari lunar module (wahana NASA yang digunakan untuk mendarat), seragam astronot, dan permukaan bulan.

Pendaratan ke bulan pasti akan terus menuai kontroversi. Sepeti dalam sebuah kejadian utama; akan ada kisah-kisah lain yang mungkin menyertainya. Masalah benar atau tidaknya, mungkin hanya waktu yang bisa membuktikan.


Neil Armstrong di Bulan

Sumber "http://sidomi.com/123701/neil-armstrong-tidak-pernah-mendarat-di-bulan/"


Kodokoala: Kejadian dan Peristiwa



Situs auto followers Twitter GRATIS tanpa SPAM! Klik FollowersGratis.web.id, dan dapatkan ribuan followers Twitter yang berguna untuk menaikan popularitas maupun promosi bisnis Anda!

Belum Ada Komentar untuk "Neil Armstrong Tidak Pernah Mendarat di Bulan?"

Poskan Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.