Shalat Tarawih 11 Atau 23 Rakaat?

Tarawih, Tarawih 11 Atau 23

Banyak permasalahan di masyarakat yang bingung akan jumlah shalat tarawih 11 atau 23 rakaat, termasuk di masjid lingkungan saya. Kali ini kodokoala akan membahas dengan singkat namun mendalam. Maaf jika tidak menunjukan dalil dan hadtisnya, tapi sudah ditafsir sedemikian rupa yang insya Allah jelas.

Setiap ibadah dinilai dari kualitas dan kuantitasnya sekaligus. Perbedaan 11 atau 23 rakaat tidak perlu dipermasalahkan, karena 11 dikerjakan Rasulullah dan 23 dikerjakan oleh para Sahabat.
 
Bila menyalahkan salah satunya berarti kita sudah menyalahkan Rasulullah atau Sahabat. Yang paling penting diperhatikan adalah kualitas shalat dengan khusyu’ dan thuma’ninah . Rasulullah mengerjakan hanya 11 rakaat shalat malam, karena bacaannya sangat panjang sehingga malam telah habis hanya untuk sebelas rakaat.

Shalat tarawih adalah istilah ulama, sedangkan dalam Al-Quran dan hadits istilahnya adalah Tahajjud atau Qiyamullail. Dalam hadits Rasulullah tidak membatasi jumlah rakaat tertentu, tapi beliau hanya mencontohkan tidak lebih dari 11 rakaat tetapi dengan kualitas yang sangat baik dan panjang. 

Jika imam terburu-buru agar cepat selesai sampai 23 rakaat, lebih baik 11 rakaat saja dengan khuysu.


Kodokoala: Religi

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Shalat Tarawih 11 Atau 23 Rakaat?"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.