9 Manfaat Madu


Madu, berwarna keemasan zat yang dibuat oleh lebah dari nektar bunga. Lebah mengubah nektar menjadi madu dengan proses yang disebut regurgitasi, sekresi bahan melalui mulut, dan itu kemudian disimpan dalam sarang lilin di dalam sarang.

Madu sebagian besar terdiri dari gula dalam bentuk fruktosa dan glukosa, yang memberikan kemanisan. Seperti dengan semua pemanis nutritif, madu sebagian besar gula tetapi juga mengandung jejak vitamin, mineral, enzim, dan asam amino.

Madu telah digunakan selama ribuan tahun sebagai pemanis dan penyedap dalam berbagai makanan dan minuman oleh banyak budaya di seluruh dunia. Ini adalah bahan utama dalam minuman beralkohol mead, yang juga dikenal sebagai bir madu atau anggur madu.
Selain menjadi agen pemanis alami, madu juga memiliki sejarah panjang penggunaan obat, mulai dari mengobati berbagai penyakit untuk perawatan kulit. Mari kita melihat beberapa manfaat madu bagi kesehatan tubuh manusia:

Sifat antibakteri
Madu memiliki efek antibakteri yang kuat yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya dalam tubuh.
Aids di pencernaan
Sifat antibakteri dan antioksidan dalam madu membantu meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah diare. Menambahkan madu untuk produk buku harian seperti susu yoghurt dan asam dapat meningkatkan pencernaan dan buang air besar.
Obat jerawat
Karena anti-mikroba yang sifat, menerapkan madu pada jerawat akan berhenti bakteri menyebarkan dan mempromosikan kulit yang jelas dan tampak segar. Untuk hasil yang lebih baik, campuran madu dengan kayu manis bubuk dan menggunakan pasta pada jerawat sebelum tidur dan membersihkan keesokan harinya.
Hindari rambut rontok
Penggunaan madu untuk mengobati kerontokan rambut telah banyak dikenal selama berabad-abad. Sebuah studi 2001 yang dilakukan oleh Dubai khusus Medical Center menemukan, pasien dengan kerontokan rambut mengalami perbaikan kondisi setelah menggosok kulit kepala madu ke mereka dengan selama 2 sampai 3 menit sehari.
Campurkan satu sendok makan madu dengan satu sendok teh kayu manis dalam mangkuk. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala sebelum mandi rambut dan biarkan selama 15 menit dan bersihkan.
Perawatan gigi
Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik, yang dikenal untuk membantu dengan sakit gigi. Untuk memulainya, cukup menggunakan pasta terbuat dari madu dan bubuk kayu manis pada gigi yang terkena. Berkumur dengan campuran satu sendok teh madu, kayu manis bubuk dan air panas juga dapat membantu menjaga napas Anda segar sepanjang hari.
Menyembuhkan pilek dan sakit tenggorokanMadu telah digunakan selama berabad-abad sebagai pengobatan untuk batuk dan sakit tenggorokan. Ini telah terbukti sangat efektif. Bahkan, penyanyi opera Italia digunakan madu setiap kali mereka memiliki sakit tenggorokan sehingga mereka dapat bernyanyi dengan baik. Orang Cina percaya bahwa kelebihan “heatiness” dalam tubuh dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan minum madu dapat membantu dalam mengurangi itu. Ambil satu sendok teh madu untuk menenangkan peradangan atau berkumur dengan campuran dua sendok makan madu, empat sendok makan jus lemon dan sedikit garam.
Untuk pilek, minum segelas air hangat dicampur dengan satu sendok teh madu dan jeruk nipis dapat memberikan bantuan cepat untuk dingin.
Baik untuk penderita diabetes
Madu mengandung gula sederhana dan dikonversi langsung ke glikogen hati. Ini menghasilkan glukosa darah yang optimal dan respon insulin dalam tubuh. Dibandingkan dengan asupan pemanis lainnya, seperti gula halus, kadar insulin yang lebih rendah ketika mengambil madu. Itulah mengapa madu adalah pengganti gula yang baik untuk diabetes. Namun, tidak semua madu yang dijual di pasar madu murni 100%. Beberapa mungkin telah dicampur dengan air dan gula, sehingga Anda harus lebih berhati-hati ketika memilih madu untuk penderita diabetes.
Berat badan
Jika Anda mencari untuk menurunkan berat badan, madu dapat membantu bagi Anda. Meskipun tidak mengandung gula. Namun, tidak seperti gula halus, madu juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk metabolisme tubuh dan produksi energi.
Satu sendok makan madu mengandung sekitar 70 kalori, sementara jumlah yang sama gula mengandung 45 kalori. Meskipun madu memiliki lebih banyak kalori dari gula, madu jika dikonsumsi dengan air hangat membantu dalam membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh Anda. Campurkan madu dengan bubuk kayu manis juga dapat membantu dalam mengurangi berat badan.
Meningkatkan Energi
Manfaat lain madu kesehatan adalah kemampuan untuk memberikan dorongan energi segera.
Fruktosa dalam madu diserap lebih lambat oleh tubuh menyediakan energi berkelanjutan, sementara glukosa dalam madu mudah diserap oleh tubuh dan memberikan dorongan energi instan. Madu juga dapat membantu mendapatkan kembali stamina dan mencegah kelelahan selama latihan. Ini adalah mengapa madu adalah sumber energi untuk atlet dan orang-orang yang aktif dalam kegiatan fisik. Produk seperti susu madu dan bar energi dengan madu makanan sangat populer di kalangan atlet.
Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari madu. Jadi mencakup beberapa madu lokal dalam diet Anda hari ini dan memulai hidup sehat dengan madu!


Kodokoala: Gaya Hidup Dan Kesehataan

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "9 Manfaat Madu"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.